Tanpa masker beras atau madu, ini trik mencerahkan kulit penuh noda hitam pakai 1 jenis buah

Tanpa masker beras atau madu, ini trik mencerahkan kulit penuh noda hitam pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kemunculan noda hitam di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering menganggu banyak orang. Noda hitam muncul sebagai akibat dari proses hiperpigmentasi atau penumpukan pigmen warna kulit bernama melanin, yang membuat beberapa area kulit menjadi lebih gelap dari warna aslinya. Noda hitam biasanya berasal dari dua hal, yaitu flek dan bekas jerawat.

Flek hitam biasanya muncul di wajah dalam bentuk bercak-bercak pigmentasi dengan ukuran bervariasi. Munculnya flek hitam dipicu akibat paparan sinar UV dari matahari, terutama UVB. Paparan sinar ini dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin dengan cepat. Jumlah melanin yang bertambah dengan cepat ini kemudian muncul di wajah dalam bentuk bercak cokelat kehitaman.

Sementara itu, jerawat juga dapat meninggalkan noda cokelat gelap yang dikenal dengan istilah PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Kasus ini bisa muncul diawali dengan proses peradangan jerawat yang dapat merusak jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini kemudian akan membawa melanin berlebih ke lapisan atas kulit, sehingga berujung pada timbulnya bercak gelap di kulit.

Eits, walau begitu, kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa banget mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif selain kebanyakan skincare komersil di luar sana.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES