Tanpa madu atau teh hijau, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih dari komedo pakai 2 jenis buah

Tanpa madu atau teh hijau, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih dari komedo pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu problematika kulit yang sering menganggu banyak orang di masa remaja hingga dewasa. Problematika kulit ini muncul sebagai hasil dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Kondisi ini kemudian membentuk penumpukan kotoran berbentuk bintik-bintik kecil pada permukaan kulit yang dikenal sebagai komedo.

Komedo memiliki 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka dan sebum serta kotoran oksidasi dengan udara, mengakibatkan warna hitam pada permukaan komedo.

Terbentuknya komedo ini secara umum disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang menyebapkan pori-pori kulit menjadi terbuka lebar dan memudahkan kotoran untuk masuk. Produksi minyak yang berlebih ini sendiri bisa dipicu banyak faktor, mulai dari perubahan hormonal, panas matahari, hingga polusi lingkungan. Apabila tidak dibersihkan, penyumbatan komedo tersebut dapat berujung pada masalah kulit lain seperti jerawat.



(brl/far)

tags

STORIES