Tanpa madu atau teh hijau, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih dari komedo pakai 2 jenis buah

Tanpa madu atau teh hijau, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih dari komedo pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu problematika kulit yang sering menganggu banyak orang di masa remaja hingga dewasa. Problematika kulit ini muncul sebagai hasil dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Kondisi ini kemudian membentuk penumpukan kotoran berbentuk bintik-bintik kecil pada permukaan kulit yang dikenal sebagai komedo.

Komedo memiliki 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka dan sebum serta kotoran oksidasi dengan udara, mengakibatkan warna hitam pada permukaan komedo.

Terbentuknya komedo ini secara umum disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang menyebapkan pori-pori kulit menjadi terbuka lebar dan memudahkan kotoran untuk masuk. Produksi minyak yang berlebih ini sendiri bisa dipicu banyak faktor, mulai dari perubahan hormonal, panas matahari, hingga polusi lingkungan. Apabila tidak dibersihkan, penyumbatan komedo tersebut dapat berujung pada masalah kulit lain seperti jerawat.



Untuk mengatasi hal di atas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Misalnya dengan menggunakan campuran tomat dan mentimun, sebagaimana dibagikan oleh @shweta.jain02 melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Minggu (3/12).

Tanpa madu atau teh hijau  Instagram

foto: freepik.com

Tomat adalah buah yang kaya akan senyawa likopen, senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi faktor eksternal yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Tomat juga mengandung komponen penting berupa asam salisilat (BHA) sebagai bahan yang efektif dalam membantu eksfoliasi dan mengontrol produksi minyak. Hal ini mmebuat tomat dapat mengangkat kotoran pada kulit secara efektif dan mencegah pembentukan komedo.

Tanpa madu atau teh hijau  Instagram

foto: freepik.com

Kandungan air yang tinggi dalam buah mentimun sejatinya dapat membantu menyeimbangkan kadar hidrasi dan produksi minyak di dalam kulit, sehingga akan menyamarkan pori-pori yang membesar. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat astringen yang mampu membantu mengecilkan pori-pori, menahan minyak, dan memberikan efek menenangkan pada kulit yang teriritasi akibat komedo.

Kedua bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1/2 Potong buah mentimun
2. 1/2 Potong buah tomat
3. Alat parut dan blender
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Tanpa madu atau teh hijau  Instagram

foto: Instagram/@shweta.jain02

1. Potonglah buah mentimun dan buah tomat menjadi 1/2 bagiannya untuk digunakan.
2. Haluskan mentimun tadi menggunakan alat parut, lalu peras ekstraknya dalam wadah kecil.
3. Campurkan dengan tomat yang telah dihaluskan menggunakan blender, lalu aduk rata keduanya.
4. Aplikasikan campuran ini di wajah yang bersih secara menyeluruh dan merata.
5. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.
6. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

View this post on Instagram

A post shared by Shweta Jain (@shweta.jain02)

(brl/far)

tags

STORIES