Tanpa lemon dan kopi, ini trik pudarkan bekas jerawat hitam di wajah pakai 1 jenis umbi-umbian

Tanpa lemon dan kopi, ini trik pudarkan bekas jerawat hitam di wajah pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Jerawat merupakan sejenis gangguan pada kulit yang terjadi akibat penyumbatan meradang pada folikel rambut dan kelenjar minyak di kulit. Masalah ini umumnya terjadi karena pori-pori wajah tersumbat oleh sebum (minyak kulit), kotoran, dan sel-sel kulit mati. Hal ini kemudian menutup rongga kulit dan menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri bernama propionibacterium acnes untuk berkembang biak. Dalam prosesnya, hal ini berujung pada terbentuknya pembengkakan jerawat.

Masalah jerawat tidak berhenti sampai di situ saja. Jerawat umumnya dapat meninggalkan bekas berupa noda hitam yang disebut post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). Hal ini dikarenakan proses peradangan jerawat dapat merusak jaringan kulit.

Sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini kemudian membawa melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya bekas kecokelatan pada kulit. Selain itu, rusaknya lapisan kolagen dalam kulit akibat jerawat juga dapat meninggalkan bekas.

Eits, walau begitu, kamu yang menghadapi masalah membandel ini nggak perlu khawatir. Soalnya, kamu bisa mencoba solusi yang mudah dan murah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai alternatif. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan ekstrak kentang dan aloe vera sebagaimana dilakukan pengguna akun Instagram @diybyshikha, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (25/8).

(brl/jad)

tags

STORIES