Tanpa krim khusus, ini trik samarkan stretchmark pakai masker dari 3 bahan dapur

Tanpa krim khusus, ini trik samarkan stretchmark pakai masker dari 3 bahan dapur

Brilio.net - Stretch mark terjadi saat timbul garis-garis parut pada permukaan kulit. Garis-garis ini biasanya memiliki warna yang berbeda dengan kulit sekitarnya, seperti merah muda, ungu, atau putih.

Stretch mark terjadi ketika kulit meregang secara tiba-tiba dan berlebihan dalam waktu singkat, menyebabkan serat-serat elastin dan kolagen di dalam dermis (lapisan tengah kulit) mengalami kerusakan. Kondisi ini umumnya terjadi pada masa kehamilan, saat pubertas, perubahan berat badan drastis, atau akibat pengaruh hormon tertentu.

Penyebab utama stretch mark adalah perubahan mendadak dalam ukuran atau bentuk tubuh, yang menyebabkan kulit meregang secara berlebihan. Misalnya, selama kehamilan, pertumbuhan janin yang cepat dapat menyebabkan kulit perut meregang secara signifikan, yang dapat menghasilkan stretchmark. Faktor-faktor lain seperti perubahan hormonal, keturunan, dan kekurangan kolagen juga dapat berperan dalam perkembangan stretchmark.

Meskipun stretch mark umumnya tidak menimbulkan masalah medis yang serius, mereka dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan gangguan estetika bagi beberapa orang. Ada beberapa perawatan yang dapat membantu mengurangi tampilan stretchmark, seperti penggunaan krim atau minyak yang mengandung bahan-bahan seperti retinoid, asam glikolat, atau vitamin C.

Untuk kamu yang memiliki masalah stretch mark, briliobeauty.net akan membahas cara menyamarkan stretchmark dengan menggunakan 3 bahan dapur. Cara ini dilansir melalui unggah video TikTok milik akun @aribasfoodmood, Rabu (7/6)

samarkan stretchmark pakai masker dari 3 bahan dapur  2023 brilio.net

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Tomat memiliki beberapa manfaat potensial untuk mengurangi tampilan stretch mark. Tomat mengandung likopen, senyawa pigmen alami yang memberikan warna merah pada buahnya. Likopen memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

samarkan stretchmark pakai masker dari 3 bahan dapur  2023 brilio.net

foto: TikTok/@aribasfoodmood

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES