Tanpa cuka sari apel, wanita ini bagikan cara kecilkan pori-pori pakai 1 bahan makanan

Tanpa cuka sari apel, wanita ini bagikan cara kecilkan pori-pori pakai 1 bahan makanan

Brilio.net - Pori-pori kulit merupakan bagian penting dari struktur kulit manusia. Bentuk pori-pori yang berlubang kecil pada permukaan kulit berfungsi sebagai saluran minyak, keringat, dan rambut. Ketika kelenjar minyak (sebaceous gland) di bawah permukaan kulit memproduksi minyak secara berlebih, hal tersebut bisa membuat pori-pori membesar.

Tidak hanya karena minyak berlebih, pori-pori membesar juga disebabkan adanya penumpukan kotoran dan sel kulit mati. Kondisi tersebut menyebabkan kulit rentan terhadap berbagai masalah kulit, seperti munculnya komedo dan jerawat. Lubang pori-pori membesar juga membuat tampilan kulit kamu jadi tak halus dan cenderung gradakan. Biasanya, kulit wajah juga terlihat berminyak dan kurang bercahaya.

Agar masalah kulit tersebut tidak terjadi, kamu perlu mengecilkan pori-pori wajah. Salah satunya adalah rutin membersihkan wajah, baik menggunakan produk pembersih atau perawatan secara topikal. Untuk perawatan topikal, kamu bisa memakai masker yang terbuat dari bahan-bahan di sekitar rumah.

Biasanya, cuka sari apel kerap digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Hal ini karena kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) di dalamnya yang dikenal mampu mengecilkan pori-pori kulit. Namun penggunaan cuka apel justru bisa menimbulkan iritasi bagi sebagian orang. Tapi tenang, kamu bisa mencoba masker pengecil pori-pori dari bahan alami lain.

Seperti masker alami yang dibuat oleh seorang wanita pemilik akun Instagram @vandana_goswamii. Dalam videonya ia memanfaatkan tepung beras, gel lidah buaya, dan madu.

Tepung beras telah lama digunakan dalam perawatan kulit di berbagai budaya karena kandungannya yang memiliki sifat eksfoliasi. Diketahui, tepung beras mempunyai tekstur halus yang ampuh mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membantu memperkecil penampilan pori-pori. Kandungan alami dalam tepung beras juga dapat membantu menyerap kelebihan minyak pada kulit.

Gel lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengurangi peradangan pada kulit, termasuk jerawat yang dapat menyebabkan pori-pori membesar. Kandungan alami dalam gel lidah buaya dapat membantu mengecilkan penampilan pori-pori dengan menyempitkannya secara alami.

Madu memiliki sifat pembersih yang efektif untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan kotoran serta minyak berlebih penyebab pori-pori membesar. Madu juga memiliki kemampuan alami untuk melembapkan kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak, sehingga membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit dan mencegah pori-pori membesar.

Setelah mengetahui manfaat dari beberapa bahan di atas, apakah kamu tertarik menggunakan masker tersebut? Nah, berikut ini tutorial yang bisa kamu ikuti sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari akun Instagram @vandana_goswamii, Senin (22/4).

Bahan:

bagikan cara kecilkan pori-pori berbagai sumber

foto: Instagram/@vandana_goswamii

- 2 sendok makan tepung beras
- 1 sendok makan gel lidah buaya
- 2 hingga 3 tetes madu

Cara membuat:

bagikan cara kecilkan pori-pori berbagai sumber

foto: Instagram/@vandana_goswamii

1. Siapkan panci di atas kompor.
2. Tuangkan air putih secukupnya.
3. Masukkan beras dan rebus selama 10 hingga 15 mendidih.
4. Tuangkan ke dalam wadah saat sudah dingin, sembari disaring.
5. Masukkan gel lidah buaya.
6. Tuangkan beberapa tetes madu.
7. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
8. Masker siap diaplikasikan.

Cara menggunakan:

bagikan cara kecilkan pori-pori berbagai sumber

foto: Instagram/@vandana_goswamii

1. Pastikan wajah dan leher kamu bersih.
2. Oleskan masker secara menyeluruh pada wajah.
3. Diamkan masker selama 15 menit.
4. Bilas masker menggunakan air biasa.
5. Keringkan wajah dengan handuk.
6. Ulangi penggunaan masker ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Apakah tepung beras bisa mencerahkan wajah?

Tepung beras yang biasa digunakan untuk campuran bahan makanan, ternyata punya manfaat bagi kulit. Tepung beras rupanya bisa digunakan untuk mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan tekstur halus dari tepung beras yang bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi. Ketika digunakan sebagai scrub wajah, tepung beras membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah dengan menghilangkan lapisan kulit yang kusam.

Dilansir dari lifestyleasia.com, kandungan vitamin B, C, dan E di dalam tepung beras berguna meningkatkan sirkulasi darah. Kedua kandungan tersebut juga mampu meregenerasi sel kulit, sehingga akan membuat kulit tampak cerah dan bersih.

(brl/jad)

tags

STORIES