Tanpa beli cat rambut, ini cara menutupi kepala penuh uban hanya pakai 1 bubuk minuman

Tanpa beli cat rambut, ini cara menutupi kepala penuh uban hanya pakai 1 bubuk minuman

Brilio.net - Uban menjadi salah satu tanda penuaan yang menunjukkan jika penderitanya sudah memasuki usia lanjut. Tak heran jika uban biasanya muncul saat seseorang memasuki usia 40 tahun, dan akan semakin banyak seiring bertambahnya usia.

Bukan tanpa alasan, uban muncul karena produksi melanin yang merupakan pigmen alami rambut mulai mengalami penurunan. Karena itulah helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Itulah sebabnya, uban memiliki warna putih keabu-abuan.

Tak hanya dipengaruhi oleh penurunan melanin, faktor genetika juga memainkan peran penting dalam kemunculan uban. Jika orang tua memiliki uban di usia muda, maka kemungkinan besar kamu juga bisa memiliki uban lebih cepat.

Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Selain karena genetik, uban jenis ini juga bisa muncul karena kebiasaan sehari-hari. Seperti terlalu sering menyemir rambut menggunakan pewarna kimia dan melakukan styling menggunakan alat pemanas.

Bisa membuat penampilan harian terganggu, biasanya uban diatasi dengan cara ditutupi memakai semir atau cat rambut. Untuk mendapatkan produk ini tentunya sangat mudah, namun penggunaan cat rambut yang terlalu sering bisa menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah alergi.

Solusinya, kamu bisa mencegah munculnya uban di kulit kepala dengan memakai bahan alami. Perawatan alami ini memanfaatkan kopi bubuk, gel lidah buaya, dan castor oil.

Bahan pertama yaitu kopi mengandung kafein yang dapat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, mungkin membantu memperbaiki kondisi kulit kepala dan rambut. Bahan minuman ini juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kopi juga memiliki pigmen alami yang gelap sehingga bisa berperan sebagai noda pada rambut. Tak heran jika minuman ini bisa bertindak sebagai semir alami untuk menghitamkan dan menyamarkan tampilan uban.

Sementara lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan yang dapat membantu merawat kulit kepala serta memperbaiki kondisi rambut. Berkat kemampuannya dalam melembapkan, membuat gel lidah buaya bisa menjadi kondisioner alami yang baik.

Kemudian bahan tambahan yaitu castor oil atau minyak jarak membantu meningkatkan kekuatan akar rambut, sekaligus melembapkan. Hal ini karena kandungan asam lemak dalam minyak jarak. Kandungan asam lemak esensial dan risinoleat dari castor oil juga bisa mencegah terbentuknya uban sejak dini, sehingga kamu akan mendapatkan rambut yang hitam dan berkilau alami.

Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan bahan-bahan di atas untuk menutupi kepala penuh uban? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube meintiammayihome, Jumat (10/5).

Bahan-bahan:

Menutupi kepala penuh uban tanpa cat rambut Berbagai sumber

Menutupi kepala penuh uban tanpa cat rambut
YouTube/meintiammayihome

- 1 sendok makan kopi bubuk
- 1 sendok makan gel lidah buaya
- 1 sendok makan castor oil

Cara membuat:

Menutupi kepala penuh uban tanpa cat rambut Berbagai sumber

Menutupi kepala penuh uban tanpa cat rambut
YouTube/meintiammayihome

1. Masukkan kopi bubuk pada wadah tersebut.
2. Tuangkan gel lidah buaya.
3. Campurkan dengan castor oil.
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

Menutupi kepala penuh uban tanpa cat rambut Berbagai sumber

Menutupi kepala penuh uban tanpa cat rambut
YouTube/meintiammayihome

1. Oleskan pada rambut dan kulit kepala.
2. Diamkan kurang lebih 20 menit.
3. Bilas menggunakan sampo dan air biasa.
4. Keringkan rambut memakai handuk bersih.
5. Gunakan trik ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/ola)

tags

STORIES