Tanpa air beras, ini trik perkuat skin barrier di wajah kering penuh kerutan pakai 1 jenis minuman

Tanpa air beras, ini trik perkuat skin barrier di wajah kering penuh kerutan pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Setiap lapisan kulit pada tubuh manusia sejatinya memiliki pelindung alami yang dikenal sebagai skin barrier. Pelindung alami ini tersusun dari gabungan protein dan lipida seperti kolesterol, ceramides, dan asam lemak yang bersatu membentuk dinding pelindung kulit. Sebagaimana namanya, fungsi utama dari skin barrier adalah menjaga kelembapan kulit serta melindunginya dari paparan eksternal berbahaya secara efektif.

Namun begitu, fungsi-fungsi di atas hanya akan berfungsi baik apabila skin barrier pada kulit berada dalam kondisi yang bagus. Sayangnya, beberapa faktor seperti paparan berlebih terhadap sinar UV, polusi, serta penggunaan bahan kimia abrasif dapat melemahkan lapisan pelindung kulit ini. Ketika skin barrier mengalami kerusakan, hal ini dapat memicu munculnya berbagai masalah yaitu kulit yang menjadi cepat kering dan berkeriput.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Kerusakan skin barrier akan memudahkan terjadinya penguapan hidrasi kulit, sehingga akan memicu berkurangnya kelembapan secara signifikan. Dalam prosesnya, hal ini akan mengacaukan sistem produksi kolagen dan elastin untuk mempertahankan struktur kulit karena keduanya dipengaruhi oleh tingkat kelembapan tadi. Akibatnya, elastisitas kulit pun lama-kelamaan akan semakin berkurang, sehingga menjadi kendur dan memunculkan banyak kerutan.

Eits, apabila kamu tengah menghadapi masalah ini, nggak perlu bingung. Soalnya ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan fungsi dan memperbaiki skin barrier.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES