Tak usah suntik kolagen, ini trik bikin kulit penuh kerutan kembali lembut kenyal pakai 1 jenis rempah

Tak usah suntik kolagen, ini trik bikin kulit penuh kerutan kembali lembut kenyal pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Penuaan merupakan sebuah proses alami yang terjadi pada setiap individu seiring bertambahnya usia. Penuaan melibatkan penurunan fungsi biologis yang terjadi pada tingkat sel dan jaringan dalam tubuh. Fase ini kemudian dapat memengaruhi terjadinya perubahan pada aspek fisik seseorang, terutama pada kulitnya.

Salah satu efek yang paling jelas muncul ketika bertambahnya usia seseorang adalah mengerutnya kulit. Ini disebabkan oleh berkurangnya produksi kolagen dan elastin dalam kulit, dua protein utama yang membentuk serta mempertahankan lapisan kulit.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit ini akan mengalami perubahan struktural dan fungsional yang menyebabkan penurunan produksi kolagen dan elastin. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering dan kehilangan kekenyalan.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, banyak orang memilih untuk mengandalkan operasi suntik kolagen sebagai alternatif cepat. Suntik kolagen ini melibatkan penyuntikan kolagen sintetis ke dalam lapisan kulit guna mengisi kerutan dan lipatan. Namun begitu, prosedur suntik kolagen ini bersifat sementara dan memerlukan pengulangan secara berkala, sehingga pastinya menguras uang. Terlebih lagi, terdapat potensi efek samping dari suntikan tersebut yang justru dapat merusak lapisan kulit dalam prosesnya.

Akan tetapi, kamu nggak perlu panik kok. Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan berbagai bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya untuk mengatasi masalah penuaan ini. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran jahe, madu, dan kunyit sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s di Instagram pada Kamis (12/10).

kembali lembut kenyal  Instagram

foto: freepik.com

Jahe mengandung komponen gingerol, senyawa kaya antioksidan yang memiliki kemampuan melawan kerusakan oksidatif yang diinduksi oleh radikal bebas penyebap penuaan kulit. Selain itu, jahe juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga dapat menutrisi sekaligus memberikan efek kulit yang lebih elastis.

kembali lembut kenyal  Instagram

foto: freepik.com

Madu pada dasarnya memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. Sifat humektan dalam madu membantu menarik air sekaligus mengunci kelembapan ke dalam kulit. Artinya, kemampuan hidrasi dari madu ini kemudian akan kulit lembap dan kenyal. Selain itu, madu juga membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga membantu mengurangi kesan kerutan pada kulit serta meningkatkan elastisitsnya.

kembali lembut kenyal  Instagram

foto: freepik.com

Kunyit, yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, memiliki komponen aktif yang dikenal sebagai kurkumin. Zat aktif ini merupakan antioksidan alami yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiperadangan. Selain mampu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, yang sering menjadi penyebab utama penuaan dini, kurkumin juga memiliki kemampuan untuk menjaga lapisan pelindung kulit, sehingga memberikan tampilan yang lebih sehat.

(brl/pep)

tags

STORIES