Tak perlu tambahan kopi dan kunyit, begini cara hilangkan bintik hitam pada kulit pakai 1 jenis buah

Tak perlu tambahan kopi dan kunyit, begini cara hilangkan bintik hitam pada kulit pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Bintik hitam adalah permasalah kulit yang umum dan bisa muncul kapan saja, tapi paling sering terjadi di usia paruh baya. Bintik hitam juga kerap disebut bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, bercak hitam, atau lentigo surya. Selain faktor usia, bintik hitam juga muncul karena dampak dari paparan sinar matahari atau paparan sinar ultraviolet (UV).

Hal ini juga dapat terjadi karena banyak faktor di antaranya stres, kekurangan vitamin, dan mineral. Biasanya, hiperpigmentasi di kulit manusia bisa muncul dengan berbagai ukuran. Bagian kulit seperti wajah, punggung, leher, tangan, bahu, serta kulit kepala menjadi area umum timbulnya bintik-bintik hitam ini.

Bintik hitam umumnya tidak membahayakan dan bisa jadi muncul karena efek samping obat. Kehadirannya cenderung bisa dihilangkan jika memang sudah dianggap mengganggu atau membahayakan. Sebab, bintik hitam di kulit terkadang mengindikasikan kehadiran kanker.

Bahkan, bagi para wanita yang mengutamakan penampilan, hadirnya bintik hitam pada kulit dapat membuatnya kurang percaya diri. Pasalnya, kulit jadi tampak kusam dan warnanya tidak merata. Oleh sebab itu, tak sedikit orang mencari cara untuk menghilangkan bintik hitam.

Salah satunya adalah dengan bahan alami. Nah, bahan-bahan alami ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat body scrub. Tak perlu tambahan kopi dan kunyit, karena ada bahan alami lain yang nyatanya tak kalah efektif untuk mengatasi bintik hitam pada kulit. Seperti halnya unggahan dari akun TikTok @diyempress09 pada 22 Mei 2023.

Video tersebut berisi tentang cara hilangkan bintik hitam pada kulit pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah lemon. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir dan madu.

"DIY All Natural Body Scrub with sugar, lemons and honey (DIY Lulur Tubuh Alami dengan gula, lemon, dan madu)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @diyempress09, Rabu (11/10).

(brl/jad)

tags

STORIES