Tak perlu petroleum jelly, ini cara memuluskan telapak kaki retak dan menghitam pakai 1 bahan pemanis

Tak perlu petroleum jelly, ini cara memuluskan telapak kaki retak dan menghitam pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net -Semakin bertambah dewasa, setiap orang akan menjalani tuntutan aktivitas yang semakin berat. Hal ini tidak jarang berdampak pada perubahan struktur dan tekstur kulit secara drastis. Nah, salah satu bagian yang rentan mengalami perubahan tersebut adalah bagian tumit kaki.

Perubahan kondisi tumit kaki dari yang lembut menjadi retak dan pecah-pecah merupakan sebuah problematika yang sering dialami banyak orang. Munculnya masalah tumit kaki yang retak ini terjadi ketika kulit tumit kaki berada dalam kondisi kering-kerontang, sehingga menyebabkan pengerasan lapisan kulit serta kerusakan struktur di dalamnya. Tidak hanya mengganggu kenyamanan dan keindahan kaki, retakan pada tumit yang tidak ditangani dapat menyebapkan luka dalam dan infeksi.

Terkadang, demi mengatasi masalah ini, nggak jarang orang asal mengelupas kulit tumit kaki mereka secara asal yang bisa menyebabkan rasa nyeri, bahkan bisa berujung pada infeksi dan luka. Padahal, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami saja untuk mengatasi masalah tersebut, hal ini sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @beglamrs pada Senin (19/2).

memuluskan telapak kaki retak dan menghitam  Instagram

foto: freepik.com

Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat efektif dalam melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu bisa menutrisi kulit secara mendalam, sehingga tidak membantu menjaga kelembapan kulit, namun juga membantu melawan infeksi dengan sifat antimikroba yang dimilikinya. Madu juga mengandung asam alpha-hydroxy (AHA) yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga dapat menghaluskan kulit secara perlahan.

memuluskan telapak kaki retak dan menghitam  Instagram

foto: freepik.com

Minyak biji jarak kaya akan kandungan asam lemak esensial yang membantu melembapkan dan menghaluskan kulit. Minyak jarak juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada tumit kaki. Plus, minyak jarak juga dapat menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga mempercepat proses penyembuhan retakan pada tumit kaki.

(brl/pep)

tags

STORIES