Tak perlu perawatan ke dokter, ini trik mencerahkan bintik hitam hanya pakai 1 jenis daun

Tak perlu perawatan ke dokter, ini trik mencerahkan bintik hitam hanya pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Penampilan saat ini merupakan hal yang penting bagi para kaum hawa, terlebih lagi pada bagian wajah. Namun bagaimana jadinya jika pada kulit wajah terdapat bintik hitam? Bintik hitam atau biasa disebut hiperpigmentasi ini merupakan kondisi kulit yang mengalami penumpukan melanin pada area tertentu, seperti area dahi, pipi, dan dagu. Nah, biasanya bintik hitam ini muncul berupa noda kecil atau besar.

Terdapat empat penyebab utama terjadinya bintik hitam. Pertama yaitu paparan sinar matahari, kondisi ini bisa meningkatkan produksi melanin dari batas normal. Kedua yaitu perubahan hormonal yang terjadi saat hamil atau terjadinya menopause sehingga dapat memicu bintik hitam. Terakhir yang paling banyak dialami oleh sejumlah orang yaitu penuaan kulit secara alami.

Agar bintik hitam pada wajah ini tidak bermunculan semakin banyak, terdapat satu trik yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan sekitar, seperti menggunakan daun salam yang dijadikan sebagai krim malam.

Daun salam (Syzygium polyanthum) adalah salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk kecantikan. Meskipun manfaatnya belum sepenuhnya didukung oleh penelitian ilmiah yang kuat, daun salam telah digunakan secara tradisional untuk merawat kulit dan rambut. Hal ini lantaran adanya bahan kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah tanda penuaan dini.

Sementara itu, sifat antiinflamasi dalam daun salam ini membantu meredakan peradangan kulit akibat jerawat. Tak hanya itu, daun yang biasanya digunakan untuk campuran bahan masakan ini membantu membersihkan dan mengecilkan pori-pori, melembapkan, mencerahkan, dan mengatasi infeksi kulit akibat jamur.

Itulah manfaat dari daun salam yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan bintik hitam. Namun, jika masalah kulit yang satu ini tidak kunjung hilang, kamu bisa memeriksakannya atau melakukan perawatan ke dokter kulit.

(brl/lea)

tags

STORIES