Tak perlu beli salep, ini cara menghilangkan gatal akibat panu pakai 1 bumbu dapur

Tak perlu beli salep, ini cara menghilangkan gatal akibat panu pakai 1 bumbu dapur

Brilio.net - Salah satu permasalahan kulit yang membuat warna kulit tidak merata dan menurunkan kepercayaan diri adalah panu - penyakit berupa bercak berwarna putih yang muncul di permukaan kulit. Panu muncul karena infeksi jamur di kulit yang sering terjadi. Meskipun umumnya muncul di badan dan bahu, kamu juga bisa mengalaminya di wajah, punggung, hingga perut.

Sebagian besar kasus panu dialami orang-orang di usia muda. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak berisiko mengalami kondisi ini. Panu disebabkan pertumbuhan jamur pada kulit yang menyebabkan perubahan pada pigmentasi atau warna alami kulit dan menimbulkan gejala seperti rasa gatal.

Penyebab panu adalah adanya pertumbuhan atau perkembangbiakan jamur Malassezia secara cepat dan tidak terkendali pada permukaan kulit. Sebenarnya, belum diketahui secara pasti apa yang memicu terjadinya pertumbuhan jamur secara tidak terkendali tersebut. Tetapi, terdapat dugaan bahwa kondisi ini berkaitan dengan beberapa faktor, seperti kulit berminyak dan perubahan hormon.

Panu adalah kondisi yang tidak membahayakan dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi kulit seperti ini tentu dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman. Oleh karenanya, banyaka orang mencari cara untuk mengatasi gatal akibat panu dengan menggunakan berbagai macam salep yang dijual di pasaran.

Salah satunya yakni Canesten Klotrimazol 1% Krim Antijamur adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada kulit. Krim ini mengandung zat aktif klotrimazol, yang dapat membunuh jamur penyebab infeksi. Canesten Klotrimazol 1% Krim Antijamur dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur seperti kurap, panu, kadas, dan kutu air. Krim ini dioleskan tipis-tipis pada area yang terinfeksi dua kali sehari selama 2-4 minggu atau sesuai anjuran dokter. Nah, untuk membelinya secara online kamu bisa klik di bawah ini.

Padahal, untuk mengatasi gatal dan menghilangkan panu, kamu juga bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Bahkan kamu bisa menemukan bahannya di dapurmu. Seperti video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @hannasusanti49 pada (2/4) lalu.

Melalui video itu, dia memberikan cara menghilangkan gatal akibat panu pakai 1 bumbu dapur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang putih. Tak hanya bawang putih, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun atau minyak kelapa.

"Penyakit kulit panu, kadas kurap, kutu air, gatal-gatal lenyap," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hannasusanti49, Selasa (6/6).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES