Tak pakai skincare antiaging, ini cara cegah kerutan pada wajah pakai 1 bahan rempah

Tak pakai skincare antiaging, ini cara cegah kerutan pada wajah pakai 1 bahan rempah

Brilio.net - Wajah yang awet muda dan tak ada tanda penuaan pastinya impian bagi semua orang. Sayangnya munculnya tanda penuaan seperti kerutan saat usia semakin bertambah, mungkin cukup mengganggu bagi sejumlah orang. Saat memasuki usia di atas 35 tahun ke tas kulit kehilangan elastisitas dan produksi kolagen menurun.

Kolagen adalah protein yang memberikan kekuatan dan kekenyalan pada kulit. Penurunan kolagen membuat kulit menjadi lebih tipis dan kurang mampu memperbaiki dirinya sendiri, sehingga kerutan mulai terbentuk.

Kurangnya produksi kolagen juga bisa disebabkan dari paparan sinar matahari. Diketahui sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak serat kolagen dan elastin di kulit. Paparan sinar UV yang berlebihan mempercepat proses penuaan kulit, menyebabkan kerutan dan garis halus.

Tak hanya itu, kebiasan merokok juga mampu merusak kolagen. Merokok juga bisa mengurangi suplai darah ke kulit, sehingga mempercepat penuaan kulit. Nah, agar tanda penuaan tak cepat muncul kamu bisa mencegahnya menggunakan perawatan antiaging.

Treatment antiaging ini tidak sepenuhnya kamu dapatkan dari produk skincare. Melainkan bisa kamu peroleh dari masker yang terbuat dari bahan alami. Seperti yang dibuat oleh pengguna Instagram @miftach_, yang memanfaatkan bubuk kunyit dan madu.

Kunyit mengandung kurkumin, sebuah senyawa dengan sifat antioksidan yang kuat. Melansir dari aleavia.com, Sabtu (25/5) antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.

Kurkumin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan kronis dapat merusak kolagen dan elastin, yang berkontribusi pada munculnya kerutan. Beberapa studi menunjukkan bahwa kunyit dapat merangsang produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Madu adalah humektan alami, yang berarti ia menarik dan mempertahankan kelembapan di kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih tahan terhadap kerutan.

Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Madu mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Manfaat madu untuk cegah tanda penuaan seperti flek hitam.

Madu tak cuma bisa hilangkan kerutan, tapi juga mampu melenyapkan flek hitam. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik alami yang membantu menjaga kulit tetap bersih dari infeksi yang dapat memperparah kondisi kulit, termasuk flek hitam.

Selain itu adanya kandungan antioksidan dalam madu bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Perlu kamu ketahui radikal bebas ini menyebabkan kerusakan kulit dan mempercepat proses penuaan, termasuk flek hitam.

Enzim alami dalam madu membantu mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut, yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi penampilan flek hitam dari waktu ke waktu.

Madu termasuk humektan alami yang menarik dan mempertahankan kelembapan di kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih mampu melakukan regenerasi sel, yang penting untuk memudarkan flek hitam.

Sedangkan sifat penyembuhan pada madu mampu memperbaiki jaringan pada kulit yang rusak. Kemudian meningkatkan proses penyembuhan kulit dan mengurangi flek hitam.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan alami yang bisa kamu dapatkan. Kamu tertarik menggunakannya, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @miftach_, Sabtu (25/5).

Bahan:

cara cega kerutan di wajah. berbagai sumber

foto: Instagram/@miftach_

- 1 sendok makan bubuk kunyit
- Madu murni.

Cara membuat:

cara cega kerutan di wajah. berbagai sumber

foto: Instagram/@miftach_

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Tuangkan bubuk kunyit
3. Tambahkan madu murni secukupnya
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cara cega kerutan di wajah. berbagai sumber

foto: Instagram/@miftach_

1. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan
2. Oleskan tipis-tipis pada wajah
3. Tunggu selama 15 menit
4. Bilas dengan air bersih dan face wash
5. Ulangi penggunaan masker ini secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu.

View this post on Instagram

A post shared by (@miftach_)

(brl/lea)

tags

STORIES