Tak pakai lemon, begini trik hilangkan flek hitam akibat sinar matahari dengan 1 jenis minyak esensial

Tak pakai lemon, begini trik hilangkan flek hitam akibat sinar matahari dengan 1 jenis minyak esensial

Brilio.net - Salah satu masalah kulit yang bisa muncul akibat paparan sinar matahari yang berlebih adalah flek hitam. Permasalahan ini kerap jadi perhatian karena tergolong susah untuk dihilangkan. Flek hitam bisa terbentuk di kulit wajah akibat terjadinya hiperpigmentasi, kondisi saat sel-sel melanosit di kulit wajah memproduksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut) dalam jumlah besar di satu area kulit.

Akibatnya, area kulit tersebut menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya dan terbentuk flek hitam. Ukuran flek hitam ini bervariasi, mulai dari bintik sampai bercak yang luas. Hiperpigmentasi kulit ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan di kulit wajah yang tak terlindungi sunscreen.

Saat sinar UVA yang punya gelombang panjang masuk sampai jauh ke dalam lapisan kulit, sel-sel melanosit akan langsung memproduksi melanin dalam jumlah besar untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit. Flek hitam ini biasanya baru akan muncul saat usia 30 tahunan. Kalau sudah muncul pada usia 20-an, berarti bisa jadi kamu mengalami penuaan dini.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk memudarkan dan menghilangkan flek hitam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak melulu pakai lemon, kamu bisa memanfaatkan bahan alami lainnya, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Pasalnya, lemon akan berdampak buruk untuk wajah.

(brl/mal)

tags

STORIES