Tak dicampur teh hijau, wanita ini tunjukkan cara hempas flek hitam di wajah pakai 1 jenis buah

Tak dicampur teh hijau, wanita ini tunjukkan cara hempas flek hitam di wajah pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Flek hitam memberikan tampilan yang kurang oke pada wajah. Apalagi saat kamu tidak menggunakan makeup, flek hitam terlihat dengan jelas. Penyebab utamanya tidak hanya datang dari penuaan alami. Melainkan bisa terjadi dari penuaan dini yang disebabkan paparan sinar matahari.

Sekilas informasi, paparan sinar matahari ini bisa merangsang produksi melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit). Ketika kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan, produksi melanin dapat meningkat. Kemudian menyebabkan flek hitam atau bintik-bintik gelap.

Penyebab lainnya datang dari peradangan yang terjadi pada kulit. Biasanya terjadi akibat bekas jerawat dan luka. Kondisi tersebut menyebabkan produksi melanin berlebihan di area tertentu. Sehingga menyebabkan flek hitam setelah terjadi peradangan.

Untuk mencegah munculnya flek hitam kamu bisa awali dengan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Gunakan setiap hari saat keluar dari ruangan.

Jika flek hitam tak kunjung hilang, kamu bisa menghilangkannya dengan perawatan topikal. Gunakan masker yang terbuat dari bahan alami, seperti yang dilakukan wanita dengan kanal YouTube @simpletipsmalayalam.

Dalam unggahan video yang berdurasi beberapa detik, ia memanfaatkan buah pisang, perasan tomat, dan madu, tanpa campuran teh hijau. Pasalnya teh hijau dalam masker ini digantikan dengan bahan buah tomat, yang sama-sama mengandung antioksidan.

Sementara itu, dilansir dari bebeautiful.in, Senin (8/4) pisang mengandung vitamin C yang penting untuk produksi kolagen, sehingga dapat membantu menyamarkan flek hitam dan meningkatkan tekstur kulit. Kandungan air dalam pisang membantu melembapkan kulit, sehingga membantu dalam proses penyembuhan dan regenerasi kulit.

Sedangkan tomat mengandung asam salisilat yang dapat membantu eksfoliasi kulit. Kemampuan tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam dan memudarkan flek hitam. Kandungan likopen pada tomat, diklaim melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu memperbaiki pigmentasi pada kulit.

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan iritasi, sehingga membantu mempercepat penyembuhan flek hitam. Madu juga dapat membantu mencerahkan kulit secara alami dan mengurangi pigmentasi yang tidak merata.

Lantas bagaimana cara membuat masker dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah yang dibagikan @simpletipsmalayalam, Senin (8/4).

Bahan:

cara hilangkan flek hitam pakai pisang. berbagai sumber

foto: YouTube/@simpletipsmalayalam

- 1 buah pisang
- Perasan tomat
- 1 sendok makan madu.

Cara membuat:

cara hilangkan flek hitam pakai pisang. berbagai sumber

foto: YouTube/@simpletipsmalayalam

1. Potong buah pisang
2. Haluskan dengan cara ditumbuk
3. Tuangkan ke dalam wadah
4. Tambahkan perasan buah tomat
5. Tuangkan madu
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Scrub siap diaplikasikan pada wajah.

Cara menggunakan:

cara hilangkan flek hitam pakai pisang. berbagai sumber

foto: YouTube/@simpletipsmalayalam

1. Aplikasikan scrub pada wajah yang sudah kamu bersihkan
2. Tunggu selama 15 menit
3. Gosok-gosok secara perlahan
4. Bilas masker menggunakan air biasa dan face wash
5. Ulangi penggunaan masker ini secara rutin agar wajah tampak cerah, bebas flek hitam.

Buah pisang bantu cegah garis halus.

Selain manfaat di atas, buah pisang juga bisa mencegah munculnya garis halus. Pisang mengandung vitamin C yang penting untuk produksi kolagen, sebuah protein struktural yang membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Kandungan air dalam pisang membantu melembapkan kulit secara alami. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung tampak lebih bercahaya dan garis halusnya kurang terlihat. Dengan demikian, pisang dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dengan menjaga kulit tetap terhidrasi.

(brl/lea)

tags

STORIES