Tak cuma pakai kunyit, ini cara bikin face serum pudarkan flek hitam dengan tambahan 1 bahan alami

Tak cuma pakai kunyit, ini cara bikin face serum pudarkan flek hitam dengan tambahan 1 bahan alami

Brilio.net - Beberapa permasalahan kulit wajah yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah jerawat, komedo, kusam, hingga flek hitam. Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang cukup meresahkan dan membuat wajah jadi tampak kurang mulus serta kusam.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau kecokelatan di beberapa bagian wajah. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebabnya, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, proses penuaan, kosmetik, genetik, dan polusi.

Semakin sering wajah terpapar sinar matahari tanpa perlindungan seperti penggunaan tabir surya, maka risiko munculnya flek hitam juga semakin besar. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Jika tidak menggunakan tabir surya, maka kulit secara alami akan memproduksi melanin secara berlebihan. Ini merupakan upaya alamai kulit untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari. Nah, melanin inilah yang akan memicu munculnya bercak atau flek hitam di permukaan kulit.

Kondisi ini juga sering disebut dengan hiperpigmentasi. Jika terus di biarkan, bisa jadi flek hitam akan semakin banyak muncul di bagian wajah yang lain. Penampilan wajah juga tampak kurang menarik, karena terlihat memiliki warna tidak merata dan terkesan kotor.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan serum khusus flek hitam, hingga penggunaan bahan-bahan alami.

Meskipun menggunakan bahan-bahan alami, namun jika digunakan secara rutin, maka hasilnya tak kalah efektif dari metode yang lainnya lho. Nah, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @beautyglam_2255 yang menggunakan kunyit dan 1 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah aloe vera gel.

Bikin face serum pudarkan flek hitam Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautyglam_2255

Kandungan kunyit untuk memudarkan tampilan flek hitam di wajah.

Kunyit tinggi dengan kandungan antioksidan, sehingga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tetapi juga merawat kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaatnya yaitu dapat mencerahkan wajah dan memudarkan tampilan flek hitam di permukaan kulit wajah.

Dilansir dari Healthline, manfaat kunyit untuk kecantikan, berkat komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas dan penyebab munculnya flek hitam, serta mempercepat regenerasi kulit.

Manfaat aloe vera gel untuk mencegah munculnya flek hitam.

Aloe vera gel terkenal dengan sifat penenangnya berkat kandungan enzim, asam amino, dan vitamin di dalamnya. Kandungan tersebut akan memberikan kelembapan dan nutrisi yang diperlukan oleh kulit, sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satunya adalah flek hitam dan membuat kulit jadi lebih cerah merata. Pasalnya, kandungan vitamin E dan C di dalamnya efektif meratakan warna kulit dan memudarkan flek hitam yang membandel.

Mengandalkan dua bahan alami tersebut, kamu bisa membuat serum wajah yang dipercaya mampu memudarkan tampilan flek hitam. Penggunaan yang rutin akan membuat wajah jadi lebih mulus dan cerah merata. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautyglam_2255, Minggu (19/5).

Bikin face serum pudarkan flek hitam Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautyglam_2255

Bahan:

- 2 sendok makan aloe vera gel
- 1/2 sendok teh bubuk kunyit
- Carrier oil (opsional)

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya kental seperti pasta
3. Pindahkan kedalam jam penyimpanan
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih
5. Ratakan lalu diamkan selama semalaman
6. Bilas saat pagi harinya
7. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bebas flek hitam.

Bikin face serum pudarkan flek hitam Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautyglam_2255

@beautyglam_2255

turmeric face cream/serum for acne, pigmentation and dark spots

Bloom - Aqyila

(brl/far)

tags

STORIES