Tak cuma minyak kelapa, pria India ini bagikan cara atasi kulit kering pakai tambahan 3 bahan alami

Tak cuma minyak kelapa, pria India ini bagikan cara atasi kulit kering pakai tambahan 3 bahan alami

Brilio.net - Salah satu jenis kulit yang cukup membuat pemiliknya kurang nyaman adalah kulit kering. Memiliki kulit kering memang membutuhkan perawatan ekstra. Jika salah dalam perawatan, maka akan berdampak buruk seperti kulit mengelupas dan bersisik. Melansir dari Healthline, kulit kering bisa dialami di beberapa bagian tubuh, mulai dari tangan, lengan, kaki, dan wajah.

Itulah sebabnya, kondisi kulit kering perlu dirawat, supaya tak hanya halus dan berseri, melainkan juga sehat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, kekurangan nutrisi, paparan iritan, air yang terkontaminasi, perubahan cuaca, udara kering, cara mandi yang tidak tepat atau berlebihan, puasa (kekurangan cairan atau dehidrasi), maupun keluhan medis tertentu.

Kulit kering mungkin akan terasa sangat mengganggu. Karena itu, kamu perlu mengidentifikasi penyebab serta memahami cara mengatasi dan merawat kulit kering. Menurut penelitian tahun 2020 dalam Journal of Dermatological Treatment, perawatan kulit secara konsisten bisa mengatasi kulit kering. Bila dilakukan dengan benar, kulit kering dapat sembuh dengan sendirinya.

Tak hanya itu saja, kulit yang kering juga tidak memiliki kekenyalan sehingga lebih mudah berkeriput. Kondisi tersebut menandakan bahwa kelembapan kulit sangat sedikit. Untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam, minumlah air putih yang banyak, makan sayur, dan buah.

Sedangkan, menjaga kulit dari luar adalah dengan rutin memakain pelembap dan sunscreen. Tidak lupa, rajin merawat kulit dengan body lotion, lulur, atau body scrub untuk menghilangkan sel kulit mati serta mencegah kulit dehidrasi yang juga memicu kulit mudah keriput.

Kebiasaan, pola makan, dan faktor-faktor lainnya yang termasuk ke dalam gaya hidup memiliki pengaruh besar terhadap kondisi kulit. Oleh sebab itu, perubahan gaya hidup biasanya menjadi langkah pertama yang ditempuh sebelum metode lainnya.

Salah satu upaya yang paling mudah untuk merawat kulit kering adalah dengan membuat pelembap alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah kamu. Seperti yang dibagikan oleh salah seorang pria India melalui akun TikTok pribadinya @monovoc pada 25 Januari 2023, yang berisi tentang cara atasi kulit kering pakai minyak kelapa dan tambahan 3 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah minyak almond, aloe vera gel, dan kapsul vitamin E.

"Dry skin solution homemade (Solusi kulit kering buatan sendiri)," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @monovoc, Rabu (13/3).

Atasi kulit kering pakai tambahan 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan minyak kelapa untuk mengatasi kulit kering.

Minyak kelapa dikenal mengandung banyak komponen asam lemak dan vitamin E. Kandungan dari dua komponen ini secara efektif dapat membantu menjaga kelembapan kulit secara mendalam sekaligus meningkatkan elastisitasnya. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang bisa mengurangi peradangan pada kulit. Dikutip dari Healthline, minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan mencegah kulit kering. Kandungan vitamin E di dalamnya juga efektif untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah pengelupasan akibat terlalu kering.

Manfaat minyak almond untuk melembapkan kulit.

Minyak almond juga kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan sekaligus memperkuat skin barrier. Minyak almond juga mengandung asam lemak omega-3 yang efektif menghilangkan kekeringan dan meningkatkan elastisitas kulit. Sifat antiinflamasi dalam minyak almond juga dipercaya dapat mengatasi iritasi pada kulit.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES