Tak cuma air beras, ini trik pudarkan keriput agar wajah kembali kencang pakai 1 jenis minyak

Tak cuma air beras, ini trik pudarkan keriput agar wajah kembali kencang pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Proses penuaan mengakibatkan perubahan yang mencolok pada kulit manusia. Kulit yang sebelumnya kencang dan kenyal akan menjadi kendur akibat elastisitasnya berkurang. Kondisi tersebut juga dibarengi munculnya garis-garis halus dan keriput di beberapa area.

Hal ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit menghasilkan kolagen dan elastin mulai munurun. Dampaknya, kulit pun sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya yang berakibat mengendurnya kulit tubuh dan wajah.

Faktor lingkungan seperti paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan polusi udara dapat merusak sel-sel kulit juga jadi penyebab terjadinya penuaan dini. Selain itu, kebiasaan buruk seperti suka merokok, stres, hingga begadang juga secara tidak langsung dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cara yang dicontohkan oleh akun Intagram @satinder.mutneja, seperti dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (9/12). Ia memanfaatkan minyak almond bersama air beras dan aloe vera sebagai solusinya.

keriput kembali kencang  Instagram

foto: freepik.com

Minyak almond kaya akan asam lemak seperti asam oleat, serta vitamin E dan fitosterol. Asam oleat berperan menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya, sehingga membantu mengurangi penampilan kerutan. Sementara itu, vitamin E dan fitosterol dalam minyak almond merupakan antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas dan mencegah peradangan, sehingga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit.

keriput kembali kencang  Instagram

foto: freepik.com

Air beras pun juga kaya akan vitamin B kompleks vitamin E, serta mineral seperti magnesium dan seng. Vitamin B kompleks membantu memperbaiki dan menjaga integritas kulit. Sementara itu, vitamin E dan mineral-mineral tersebut berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu memperlambat proses penuaan kulit. Beras juga mengandung asam ferulic, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

keriput kembali kencang  Instagram

foto: freepik.com

Gel pada daun aloe vera mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan zat antioksidan yang efektif melawan radikal bebas penyebap penuaan dini. Kandungan polisakarida di dalam aloe vera dapat menstimulasi produksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan. Sementara itu, senyawa enzim dan asam amino pada tanaman ini berperan penting dalam membentuk protein kolagen dan elastin serta meningkatkan proses regenerasi sel kulit yang lebih baik.

Ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkand dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Air beras secukupnya
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 1 sendok makan minyak almond
4. Wadah dan jar kecil

keriput kembali kencang  Instagram

foto: Instagram/@satinder.mutneja

Langkah pengerjaan:

1. Cucilah sedikit beras, lalu rendam beras tersebut dengan sedikit air selama semalaman.
2. Tuangkan sedikit air beras itu dalam jar kecil.
3. Setelahnya, tambahkan gel aloe vera dan minyak almond sebanyak masing-masing 1 sendok makan.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata menjadi gel kental.
5. Aplikasikan gel ini ke seluruh wajah dalam keadaan bersih, lalu pijat hingga menyerap.
6. Gunakan setiap pagi dan malam untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/wen)

tags

STORIES