Selain pakai deodorant, ini 9 cara merawat ketiak agar tidak berbau

Selain pakai deodorant, ini 9 cara merawat ketiak agar tidak berbau

Brilio.net - Ketiak merupakan bagian tubuh yang jarang terlihat. Namun, bukan berarti kulit ketiak tidak membutuhkan perawatan. Meski keberadaan kulit ketiak tersembunyi, apabila tidak dirawat maka akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri.

Ada berbagai faktor penyebab ketiak berbau. Seperti diketahui, ketiak memiliki kelenjar keringat yang merupakan tempat keluarnya keringat. Selain itu, cuaca juga memengaruhi jumlah produksi keringat pada tubuh. Cuaca yang panas dapat merangsang produksi keringat, sehingga ketiak menjadi lebih lembap dan berkeringat.

Ketiak yang berbau merupakan masalah yang mengganggu. Bukan hanya mengganggu bagi pemilik ketiak, tentunya juga mengganggu penciuman orang sekitar. Dengan aroma yang tidak sedap, orang lain juga merasa tidak nyaman berada di dekatmu.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk mencegah munculnya bau tidak sedap dari ketiak. Untuk kalian yang memiliki permasalahan bau ketiak, briliobeauty.net telah merangkum 9 cara merawat ketiak agar tidak berbau dari berbagai sumber Rabu (22/2).

1. Rutin mencukur bulu ketiak dengan cara yang tepat.

merawat ketiak agar tidak berbau  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu faktor kulit ketiak menjadi gelap atau menghitam adalah karena teknik mencukur yang salah. Mencukur ketiak dengan pisau cukur akan meningkatkan risiko kulit ketiak menghitam karena gesekan pisau cukur dengan kulit yang terjadi berulang kali. Untuk mencegah kulit ketiak menghitam, lakukan waxing atau laser hair removal saat mencabut bulu ketiak.

2. Gunakan bubuk tawas.

merawat ketiak agar tidak berbau  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bubuk tawas memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat mencegah keringat berlebih pada ketiak. Bubuk tawas dapat meminimalisir produksi keringat pada kulit ketiak. Selain itu, bubuk tawas juga ampuh dalam menghilangkan aroma tidak sedap.

Bubuk tawas biasanya dijual di pasaran dengan harga yang murah. Merek bedak terkenal seperti MBK memiliki bahan utama yang terbuat dari batu tawas.

Setelah menggunakan tawas, tidak ada salahnya untuk tetap memakai deodorant agar semakin percaya diri. Beberapa produk deodorant dapat menurunkan produksi keringat di area ketiak, sehingga bau badan bisa bisa dicegah. Yuk cek rekomendasi deodorant di bawah ini.

3. Melakukan eksfoliasi rutin.

merawat ketiak agar tidak berbau  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kulit ketiak juga memerlukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Seperti diketahui, sel kulit mati menumpuk dapat memperburuk aroma ketiak. Oleh karena itu diperlukan eksfoliasi ketiak secara rutin. Terlebih, eksfoliasi juga dapat membasmi sisa residu deodoran. Kamu bisa menggunakan scrub badan atau scrub dari bahan alami seperti bubuk kopi dan gula untuk membersihkan kulit ketiak. Eksfoliasi ketiak dapat dilakukan 2 kali seminggu.

4. Hindari bahan baju yang tidak menyerap keringat.

merawat ketiak agar tidak berbau  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Gunakan bahan kaus atau baju yang nyaman dan menyerap keringat. Hal ini karena bahan pakaian yang tidak menyerap keringat membuatnya sulit menguap sehingga aroma yang keluar semakin kuat dan menyebar. Terutama pada pria yang memiliki aktivitas lebih banyak dan berat, usahakan memilih bahan pakaian yang mampu menyerap keringat sehingga meminimalisir aroma ketiak.

Mgg: Azahra Amalia Sugiyarto

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES