Putih tanpa infus whitening, ini trik meratakan warna kulit wajah kusam pakai masker dari 1 jenis buah

Putih tanpa infus whitening, ini trik meratakan warna kulit wajah kusam pakai masker dari 1 jenis buah

Brilio.net - Banyak orang yang mengeluhkan kondisi wajah kusam. Pasalnya, wajah kusam dapat mengganggu penampilan, karena dapat membuat wajah jadi tampak gelap, kehilangan cahaya alaminya, dan kurang fresh. Bahkan bagi beberapa orang, wajah juga akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Wajah kusam sendiri adalah kondisi yang terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan. Melanin adalah pigmen alami pemberi warna kulit yang secara otomatis akan melindungi kulit dari radikal bebas. Salah satu radikal bebas yang paling berpengaruh dalam menjadikan wajah kusam adalah paparan sinar matahari.

Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang memiliki dampak buruk untuk kulit. Melanin ini lah yang akan melindungi kulit dari dampak buruk yang dihasilkan sinar matahari, sehingga kulit akan lebih menggelap bahkan muncul bintik-bintik hitam di beberapa area kulit. Selain sinar matahari, wajah kusam juga disebabkan oleh faktor lain. Yaitu polusi, sel kulit mati yang menumpuk, merokok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Karena itu lah, banyak orang mencari cara untuk meratakan warna kulit wajah yang kusam. Beberapa diantaranya rela melakukan infus whitening dengan merogoh kocek dalam-dalam. Padahal ada cara yang lebih ekonomis dan hanya memanfaatkan bahan-bahan alami lho.

Seperti unggahan dari akun TikTok @shela_kodok pada 6 April 2023, yang justru memakai masker dari 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah tomat. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras.

"Cuma 2 Bahan Bikin Wajah Glowing Bebas Flek Hitam," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @shela_kodok, Minggu (19/11).

Meratakan warna kulit wajah kusam Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho. Salah satunya adalah merawat kecantikan kulit wajah. Ini berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat bisa membantu memutihkan wajah.

Memakai masker tomat pada wajah dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam, dan tampilan flek hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat juga dapat merangsang produksi kolagen. Sehingga kulit akan tampak lebih glowing dan awet muda.

Pun dengan tepung beras yang juga banyak dimanfaatkan untuk meratakan warna kulit kusam. Manfaat ini berasal dari kandungan asam amino dan vitamin pada tepung beras. Kedua kandungan tersebut akan bekerja untuk memutihkan kulit sekaligus meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Hal itu yang membuat tepung beras efektif untuk mengatasi wajah kusam dan keriput.

Meratakan warna kulit wajah kusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@shela_kodok

Kedua bahan alami ini bisa kamu olah menjadi masker wajah antikusam, yang dipercaya dapat memutihkan sekaligus meratakan warna kulit. Bahkan kamu juga akan mendapatkan wajah yang kencang, glowing, dan awet muda. Ini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 buah tomat
2. 1 sendok makan tepung beras

Meratakan warna kulit wajah kusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@shela_kodok

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Cuci buah tomat sampai bersih
2. Parut tomat hingga halus kemudian saring dan ambil airnya saja
3. Tuangkan sari tomat pada wadah lalu tambahkan tepung beras
4. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
5. Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash
6. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
7. Diamkan selama 10-15 menit
8. Bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Lakukan metode ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah bebas kusam.

@shela_kodok Cuma 2 Bahan Bikin Wajah Glowing Bebas Flek Hitam #MaybellineIDSingToShine #diymaskerwajah #maskerglowing #shella #fyp FLOWER - JISOO

(brl/wen)

tags

STORIES