Perbedaan toner dan serum serta manfaatnya untuk kulit wajah

Perbedaan toner dan serum serta manfaatnya untuk kulit wajah

Brilio.net - Memiliki kulit yang sehat dan mulus menjadi dambaan setiap manusia. Nah, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan mulus, pastinya setiap orang telah melakukan perawatan.

Dewasa ini sudah banyak produk skincare untuk kulit wajah dengan kandungan yang spesifik dan tentunya sesuai dengan permasalahan kulit wajah. Tidak hanya pembersih wajah saja, namun sudah banyak produk perawatan wajah seperti halnya toner dan serum.

Banyaknya produk perawatan wajah tak jarang membuat bingung pengguna tentang cara pemakaian dan manfaatnya. Nah, supaya kamu nggak salah dalam merawat wajah, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/2), berikut penjelasan tentang perbedaan toner dan serum serta manfaatnya.

Perbedaan Toner dan Serum

Perbedaan toner dan serum   2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Cara pemakaian

Toner merupakan produk skincare wajib yang digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Cara pemakaian toner adalah dioleskan menggunakan kapas saat wajah masih lembap usai dibersihkan.

Sedangkan, serum merupakan produk skincare yang digunakan setelah pemakaian toner dan sebelum pelembap wajah. Cara pemakaiannya, teteskan serum pada punggung tangan yang bersih atau langsung pada wajah, lalu oleskan secara perlahan.

2. Tekstur

Toner memiliki tekstur encer, sehingga cepat meresap pada kulit. Sementara itu, tekstur serum yang lebih tebal atau kental dibandingkan toner. Hal ini karena serum mengandung bahan aktif yang lebih banyak dari pada toner.

3. Kandungan

Toner memiliki kandungan hidrogen, oksigen, acids, glycerin, antioksidan, dan formula anti-inflammatory. Sedangkan, serum mengandung ceramide, hyaluronic acid, vitamin C, niacinamide dan bahan aktif lainnya yang sesuai dengan permasalahan kulit misalnya jerawat, flek hitam, keriput serta wajah tidak merata.

Manfaat Toner

Perbedaan toner dan serum   2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Mengangkat sisa kotoran

Toner merupakan produk perawatan wajah yang memiliki manfaat untuk membantu mengangkat sisa kotoran, minyak dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan sabun pembersih wajah.

2. Melembapkan kulit

Toner dapat mengembalikan kelembapan pada kulit wajah. Fungsi toner untuk melembapkan kulit bisa didapatkan dari toner yang mengandung asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid. Toner sangat penting untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah yang kering.

3. Menghilangkan bekas jerawat

Dalam kandungan toner yang terdapat asam glikolat dapat memudarkan noda hitam akibat bekas jerawat. Namun, untuk perawatan kulit yang berlubang, tidak cukup untuk menggunakan toner saja. Ada beberapa rangkaian perawatan wajah yang spesifik untuk permasalahan kulit kamu.

4. Menyeimbangkan pH kulit

Tingkat keasaman kulit akan cenderung berubah sesuai dengan pengaruh produksi minyak, polusi atau makeup. Nah, jenis toner tertentu dapat menyeimbangkan pH 5-5,5 sesuai pH alami kulit.

Manfaat serum

Perbedaan toner dan serum   2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Mengurangi bintik hitam pada wajah

Seringnya aktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan warna tidak merata sehingga dapat menimbulkan bintik hitam di wajah. Serum wajah yang mengandung asam glikolat terbukti dapat mengurangi bintik hitam.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, mengungkapkan bahwa asam glikolat dapat menurunkan tingkat keparahan bintik hitam di kulit, yang disebut melasma, secara signifikan.

2. Mengurangi kerutan

Manfaat serum selanjutnya, yakni mengurangi kerutan dan membuat wajah lebih kenyal. Manfaat yang dapat dirasakan ini ada pada serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid dan vitamin C. Kedua zat ini merupakan kunci dalam melawan penuaan kulit.

3. Merawat kulit berjerawat

Manfaat dari serum selanjutnya adalah merawat kulit berjerawat. Dalam serum yang dikhususkan untuk merawat kulit berjerawat akan terdapat kandungan asam salisilat.

4. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat serum wajah cocok buat kamu yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, serum wajah nggak mengandung minyak sehingga minyak berlebih pada kulit dapat dikendalikan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES