Nggak perlu suntik putih, begini cara eksfoliasi kulit kusam pakai body scrub dari 1 bahan makanan

Nggak perlu suntik putih, begini cara eksfoliasi kulit kusam pakai body scrub dari 1 bahan makanan

Brilio.net - Memiliki kulit kusam terkadang membuat seseorang terkesan kurang sehat, serta dapat menurunkan kepercayaan dirinya. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti polusi, kurang olahraga, pola makan hingga pola hidup kurang baik. Kulit kusam biasanya ditandai dengan tampilan yang tampak tidak sehat dan kurang bercahaya. Selain itu, kulit kusam juga dapat menyebabkan kulit terasa kering dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya.

Sebenarnya, kulit terus-menerus melepaskan sel-sel mati. Seluruh lapisan luar kulit akan menggantikan dirinya sendiri kira-kira setiap 4 minggu sekali. Ketika sel kulit mati ini terkumpul di permukaan, mereka dapat menyebabkan kulit tampak kusam. Selain itu, kulit juga bisa terlihat kusam jika mengalami dehidrasi.

Untuk memperbaiki kerusakan kulit tersebut, tidak sedikit orang yang melakukan perawatan berbagai produk dengan kandungan kimiawi di dalamnya. Salah satunya adalah suntik putih. Namun, cara tersebut mungkin bisa memperburuk kesehatan kulit daripada memperbaikinya, karena bahan kimia dapat menimbulkan efek samping. Padahal dengan mengangkat sel kulit mati dan mengisi kembali kelembapan, kamu dapat mencerahkan kulit dan mengurangi penampilan yang kusam.

Salah satu metode untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan proses mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Bahkan, metode ini secara efektif mengoptimalkan penyerapan produk perawatan kulit.

Bila metode ini dilakukan secara rutin dalam jangka panjang, mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang mendukung kecerahan kulit. Eksfoliasi dapat dilakukan secara manual. Kamu bisa menerapkan eksfoliasi manual ini secara mudah di rumah, yaitu dengan menggunakan body scrub dari bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @miss_donyaa pada 6 Desember 2022 lalu. Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan cara eksfoliasi kulit kusam pakai body scrub dari 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah beras. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu garam.

"Diy scrub badan guna bahan yang ada dirumah. Murah dan mudah! Ni scrub badan je tau," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @miss_donyaa, Jumat (2/6).

Cara eksfoliasi kulit kusam pakai body scrub dari 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Beras yang biasa diolah jadi nasi ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan, lho. Baik buat kulit wajah maupun tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan karena beras memiliki beberapa komponen bioaktif seperti ferulat, ekstrak asam fitat, dan PABA. Komponen tersebut biasa ditemukan di dalam produk perawatan kulit wajah maupun tubuh.

Tekstur beras yang agak sedikit berpasir bisa dijadikan sebagai eksfoliasi alami. Eksfoliasi menggunakan beras bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran di kulit. Bahan satu ini juga bahkan mampu membuat kulit lebih lembut, cerah, dan kenyal. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam beras mampu merangsang pembentukan kolagen pada kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES