Nggak perlu produk bleaching, begini trik cerahkan kulit kusam dan kasar pakai 1 jenis olahan susu

Nggak perlu produk bleaching, begini trik cerahkan kulit kusam dan kasar pakai 1 jenis olahan susu

Brilio.net - Kulit yang cerah, glowing, dan halus masih menjadi dambaan bagi kebanyakan orang, khususnya para kaum hawa. Selain meningkatkan penampilan, kulit yang cerah juga menjadi pertanda kesehatan kulit yang baik. Namun sayangnya, menjaga kecerahan kulit tidak mudah.

Berbagai macam faktor, seperti polusi, sinar UV dari matahari, bahkan pola makan yang tidak sehat bisa mengurangi kesehatan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan kasar. Kulit kusam tentu dapat mengganggu penampilan. Akibatnya, kulit Anda jadi tampak lelah, tidak bercahaya, dan terlihat lebih tua.

Kulit kusam adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kurang bercahaya sehingga tampak lelah. Selain itu, tekstur kulit juga jadi tidak halus atau terasa lebih kasar. Kulit menjadi kasar terjadi karena penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan kulit jadi bertekstur.

Cara untuk memperbaiki kerusakan kulit tersebut, tidak sedikit orang yang menggunakan berbagai produk pemutih atau bleaching dengan kandungan kimiawi di dalamnya. Namun, cara tersebut mungkin bisa memperburuk kesehatan kulit daripada memperbaikinya karena bahan kimia dapat menimbulkan efek samping. Kabar baiknya, ada trik mudah yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit kusam dan menghaluskan kulit kasar secara alami lho.

Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @januarymore pada 10 Juli 2021. Dalam video tersebut pemilik akun memberikan tentang trik cerahkan kulit kusam dan kasar pakai 1 jenis olahan susu. Olahan susu yang dimaksud adalah yoghurt. Selain yoghurt ia juga menggunakan bahan lain yaitu bubuk kopi dan madu.

"Coffee face mask to make skin smoother and bright (Masker wajah kopi untuk membuat kulit lebih halus dan cerah)," katanya dalam unggahan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @januarymore, Selasa (25/7).

Trik cerahkan kulit kusam dan kasar pakai 1 jenis olahan susu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Meski identik dengan fungsinya untuk melancarkan pencernaan, yoghurt juga dipercaya dapat memelihara kesehatan dan kecantikan kulit kamu lho. Kandungan asam laktat adalah asam alfa hidroksi (AHA) pada yoghurt yang bisa menghancurkan sel kulit mati di permukaan kulit. Dengan menghilangkan lapisan atas sel yang kusam dan kering, hal itu bisa merangsang sel untuk diperbarui lebih cepat. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan lebih muda.

Manfaat yoghurt untuk mencerahkan kulit juga tidak terlepas dari kandungan vitamin B-nya. Vitamin ini mendukung regenerasi sel dan membantu menghasilkan lemak seluler yang lebih sehat agar kulit terlihat segar dan bercahaya. Kandungan lactic acid dan natural alpha hydroxy acid di dalamnya juga membantu untuk melembapkan dan menghaluskan kulit.

Sementara kopi, dapat membantu mencerahkan kulit. Ini karena butiran kopi berfungsi sebagai scrub yang melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat. Kandungan asam dalam kopi juga bisa membantu mengangkat lapisan kulit mati lebih jauh lagi seperti halnya eksfoliator kimiawi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan lembut saat disentuh.

Begitupun dengan madu yang juga sudah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah mencerahkan kulit kusam dan menghaluskan kulit yang kasar. Bukan tanpa alasan, madu bisa bertindak sebagai eksfoliator yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga tidak menyumbat pori dan membuat kulit tampak kusam. Tekstur madu yang lembut membantu membersihkan kulit, karena tidak semua produk eksfoliator memiliki tekstur yang kasar.

(brl/pep)

tags

STORIES