Nggak pakai lemon, ini trik bikin hidung bebas komedo dengan 1 jenis sumber protein

Nggak pakai lemon, ini trik bikin hidung bebas komedo dengan 1 jenis sumber protein

Brilio.net - Komedo merupakan masalah kulit di mana pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami), sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Ada dua jenis komedo yang umum ditemui, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Komedo terbuka memiliki tampilan yang gelap karena paparan udara yang mengoksidasi minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori, sementara komedo tertutup tidak teroksidasi dan memiliki tampilan yang berwarna putih atau kulit. Kedua jenis komedo ini dapat muncul pada setiap orang tergantung kondisi kulitnya masing-masing.

Salah satu area kulit yang paling rentan terkena komedo adalah area hidung. Hal ini dikarenakan kulit pada hidung memiliki banyak kelenjar minyak (sebaceous glands). Kelenjar minyak kulit ini kadangkala dapat memproduksi sebum berlebih akibat faktor hormon maupun kondisi cuaca. Nah, meskipun berfungsi melembabkan kulit, produksi sebum berlebihan ini justru dapat membuat kotoran cepat menempel dan berakhir menyumbat pori-pori. Alhasil, pembentukan komedo pun menjadi hal yang sulit dihindarkan.

Untuk mengatasi masalah di atas, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif selain menggunakan produk komersil di luar sana. Salah satu bahan yang bisa kamu andalkan tersebut ialah bagian putih telur, sebagaimaa dilansirbriliobeauty.netpada Selasa (29/8) dari @creative_explained di Instagram.

bikin hidung bebas komedo  Instagram

foto:freepik.com

Putih telur mengandung senyawa protein yang tinggi bernama albumin. Albumin berfungsi sebagai agen pengencang alami pada kulit. Komponen ini dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pori-pori akibat komedo. Selain itu, putih telur juga mengandung lizosim sebagai enzim alami yang membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit.

(brl/wen)

tags

STORIES