Nggak cuma madu, ini cara atasi pori-pori besar akibat komedo pakai tambahan 1 jenis buah-buahan

Nggak cuma madu, ini cara atasi pori-pori besar akibat komedo pakai tambahan 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Kebanyakan orang pasti ingin memiliki wajah yang mulus, glowing, dan bebas noda. Namun sayangnya, banyak faktor yang menyebabkan wajah justru jadi bermasalah. Salah satu permasalahan kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan adalah pori-pori besar. Sebenarnya pori-pori adalah komponen penting yang berperan sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit, yang akan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Meski memiliki fungsi penting, terkadang pori-pori wajah juga bisa tersumbat oleh kotoran dan menyebabkan ukurannya menjadi lebih besar dari yang seharusnya. Beberapa kotoran yang menyumbat pori-pori di antaranya adalah sel kulit mati yang menumpuk, debu, sisa makeup, hingga radikal bebas lainnya. Kotoran tersebut akan bercampur dengan sebum dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi penyebab pori-pori tampak lebih besar.

Kotoran yang menyumbat pori-pori jika tak segera dibersihkan akan berubah menjadi komedo. Komedo akan membuat wajah tampak kusam, bertekstur, warna kulit tidak merata, dan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan wajah sebagai upaya untuk mengatasi pori-pori besar akibat komedo. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya masalah kulit wajah yang lain.

Nah, kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan dengan melakukan facial, menggunakan produk skincare khusus untuk menghilangkan komedo, serta memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @naturalspfood pada 8 Februari 2024, yang berisi tentang cara atasi pori-pori besar akibat komedo pakai madu dan tambahan 1 jenis buah-buahan. Buah-buahan yang dimaksud adalah tomat.

"Eliminates blackheads and facial blemishes (Menghilangkan komedo dan noda pada wajah)," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @naturalspfood, Kamis (18/4).

Madu tomat atasi pori-pori besar akibat komedo Berbagai sumber

foto: TikTok/@naturalspfood

Manfaat madu madu untuk mengatasi pori-pori besar.

Madu menjadi salah salah satu pemanis alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan beberapa produk kecantikan menggunakan madu sebagai bahan dasarnya lho. Bukan tanpa alasan, pasalnya madu bisa dijadikan sebagai eksfoliator alami untuk wajah.

Madu akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran. Madu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES