Nggak cukup cuci muka, ini cara membersihkan kulit dari komedo pakai tambahan 1 ekstrak daun

Nggak cukup cuci muka, ini cara membersihkan kulit dari komedo pakai tambahan 1 ekstrak daun

Brilio.net - Komedo, sebuah kondisi saat pori-pori tersumbat oleh sebum (minyak alami), sel kulit mati, dan debu, merupakan salah satu masalah kulit yang cukup lazim muncul di wajah ketika beranjak remaja. Berdasarkan jenisnya, komedo dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Komedo terbuka memiliki tampilan yang gelap karena paparan udara yang mengoksidasi minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori, sementara komedo tertutup tidak teroksidasi dan memiliki tampilan yang berwarna putih atau kulit.

Faktor utama yang dapat menyebabkan masalah komedo terletak pada aktivitas produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea. Ya, produksi sebum atau minyak alami kulit secara berlebih sejatinya memudahkan kotoran luar seperti debu dan polusi lainnya menempel dan menutup rongga pori-pori kulit. Belum lagi ketika ditambah dengan adanya sel-sel kult mati yang ikut menumpuk di sekitar pori-pori sehingga terjadilah penyumbatan. Bila tidak ditangani dengan baik, komedo berpotensi besar menimbulkan masalah seperti jerawat dan peradangan.

Saat ini, masih banyak orang yang menganggap bahwa membersihkan muka seperti biasanya sudah cukup untuk membuat komedo hilang. Padahal, mencuci muka saja tidaklah cukup lho. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mendukung proses pembersihan wajah secara lebih mendalam. Salah satunya adalah dengan mengandalkan gel aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @beautifulyoutips pada Senin (18/9).

(brl/jad)

tags

STORIES