Mudah dilakukan, ini 7 cara mencerahkan siku yang menghitam menggunakan bahan dapur

Mudah dilakukan, ini 7 cara mencerahkan siku yang menghitam menggunakan bahan dapur

Brilio.net - Ada beberapa bagian kulit yang bisa menghitam seperti area wajah, tangan, dan kaki. Namun, bagian tubuh lain seperti siku juga bisa menghitam. Siku yang menghitam dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu. Ada berbagai alasan mengapa siku bisa menghitam, mulai dari paparan terhadap sinar matahari, gesekan terus-menerus, hingga kondisi medis tertentu.

Satu alasan umum mengapa siku bisa menghitam adalah karena paparan terhadap sinar matahari. Sinar UV dari matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan produksi melanin yang berlebihan. Melanin adalah pigmen alami yang memberikan warna gelap pada kulit, rambut, dan mata. Ketika melanin diproduksi secara berlebihan, kulit dapat menjadi lebih gelap, termasuk pada siku.

Gesekan terus-menerus pada siku juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tebal dan menghitam. Aktivitas seperti menyelesaikan tugas rumah tangga atau berolahraga yang membuat siku sering bergesekan dengan permukaan kasar dapat menjadi penyebab siku menghitam.

Kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebab siku menghitam, seperti diabetes atau hiperpigmentasi post-inflamasi. Diabetes dapat menyebabkan perubahan warna kulit termasuk siku. Sementara hiperpigmentasi post-inflamasi terjadi ketika kulit menghasilkan melanin berlebih setelah mengalami peradangan, misalnya setelah jerawat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi siku yang menghitam. Cara paling sederhana adalah dengan menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Gunakan pelembap atau minyak esensial seperti minyak kelapa dan minyak jojoba untuk melembapkan kulit siku. Selain itu, hindari penggunaan produk mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit.

Pastikan selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Hindari juga membiarkan siku bergesekan dengan permukaan kasar secara terus-menerus dengan mengenakan pakaian yang lebih longgar atau menghindari aktivitas yang memicu gesekan.

Jika siku yang menghitam disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau hiperpigmentasi post-inflamasi, kamu bisa mengonsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Secara keseluruhan, siku yang menghitam mungkin tidak berbahaya secara medis, tetapi dapat mengganggu secara penampilan. Oleh karena itu, banyak orang mulai mencari cara mencerahkan siku yang menghitam. Terdapat beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan bahan dapur.

Nah, lantas bagaimana cara mencerahkan siku yang menghitam menggunakan bahan dapur? Yuk, simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/2).

1. Lemon.

cara mencerahkan siku yang menghitam menggunakan bahan dapur berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi siku hitam yaitu lemon. Bahan ini mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah yaitu siapkan buah lemon satu buah. Setelah itu, potong setengah lemon dan gosokkan ke area siku yang menghitam. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali seminggu.

2. Gula dan minyak zaitun.

cara mencerahkan siku yang menghitam menggunakan bahan dapur berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bahan dapur selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah minyak zaitun dan gula yang berguna sebagai scrub. Caranya yaitu campurkan satu sendok makan gula dan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, aduk hingga rata hingga memiliki tekstur seperti pasta. Jika sudah, gosokkan ke siku yang menghitam selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat dan ulangi 2-3 kali seminggu.

3. Baking soda.

cara mencerahkan siku yang menghitam menggunakan bahan dapur berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bahan dapur berikutnya yaitu baking soda yang mengandung sifat pembersih dan mencerahkan kulit. Caranya yaitu cukup campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit air. Kemudian, aduk secara rata hingga memiliki tekstur pasta.

Selanjutnya, gosokkan ke area siku yang menghitam, biarkan selama 10-15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat. Nah, kamu bisa melakukan ini satu hingga dua kali dalam seminggu.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES