Kulit auto mulus, begini cara atasi eksim di tangan hanya pakai 2 bahan dapur

Kulit auto mulus, begini cara atasi eksim di tangan hanya pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Permasalahan kulit tidak hanya berkaitan dengan kulit kering dan pecah-pecah saja. Terdapat permasalahan lainya yang perlu kamu ketahui, salah satunya adalah eksim. Kondisi kulit ini merupakan jenis penyakit kulit yang seringkali mengganggu kualitas hidup seseorang. Eksim pada tangan biasanya ditandai dengan gejala seperti kulit kering, gatal, pecah-pecah, dan seringkali terasa nyeri.

Munculnya eksim pada kulit tangan bukan tanpa sebab, terdapat tiga faktor utama yang menjadi penyebab yaitu reaksi alergi, infeksi jamur, dan faktor genetik. Reaksi alergi dapat disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia seperti sabun, deterjen, atau produk kecantikan. Infeksi jamur seperti tinea manus, juga dapat menyebabkan eksim pada tangan. Faktor genetik dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap eksim pada tangan.

Sementara itu, penyakit kulit ini memiliki gejala khusus yang perlu kamu ketahui yaitu kulit menjadi kasar, gatal, bersisik, dan terasa panas. Di sisi lain, kondisi ini bisa diatasi dengan penanganan medis. Walaupun begitu, kamu bisa lho menghilangkan eksim ini hanya menggunakan bahan dapur.

Bahan dapur yang bisa kamu pakai adalah jeruk nipis dan bubuk bawang putih. Kedua bahan alami ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan serta mencegah infeksi.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan kulit. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Bawang putih mengandung senyawa antiinflamasi yang disebut allicin yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan rasa sakit pada kulit yang terkena eksim. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melindungi kulit dari infeksi.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES