Kerutan pudar tanpa retinol, ini trik bikin wajah kendur jadi kenyal pakai 1 bahan lalapan

Kerutan pudar tanpa retinol, ini trik bikin wajah kendur jadi kenyal pakai 1 bahan lalapan

Brilio.net - Proses penuaan pada dasarnya mengacu pada penurunan aspek fungsi organ tubuh yang dialami seseorang dalam menunjang aktivitas tubuh. Pada kulit sendiri, sebagai organ tubuh terbesar, penuaan melibatkan hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga membuatnya menjadi kendur. Kulit yang kendur ini lama-kelamaan juga akan memicu munculnya kerutan berupa keriput dan garis-garis halus.

Mengapa kulit menjadi kendur saat penuaan? Ini terkait dengan produksi kolagen dan elastin, dua jenis protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit berkurang, menyebabkan hilangnya kekencangan dan kelembapan alami. Akibatnya, struktur kulit wajah melemah dan memunculkan efek kerutan yang telah disebutkan sebelumnya.

Walaupun penuaan umumnya terjadi ketika seseorang memasuki usia 40 tahun, kemunculan tanda-tandanya bisa timbul lebih cepat apabila seseorang mengalami penuaan dini. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, polusi udara, serta gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok yang sama-sama merusak kulit. Bahkan, kebiasaan stres dan kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit, sehingga mempercepat proses penuaan.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES