Kembali pulih, begini cara atasi mata bintitan hanya pakai 1 bumbu dapur

Kembali pulih, begini cara atasi mata bintitan hanya pakai 1 bumbu dapur

Brilio.net - Pernahkah kamu mengalami area mata terdapat sebuah benjolan seperti jerawat? Nah, pada umumnya kondisi tersebut adalah biasanya disebut sebagai mata bintitan atau timbilan.

Mata bintitan atau dalam bahasa medis disebut hordeolum merupakan kondisi yang sering terjadi pada mata. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan pada kelopak mata dan timbulnya benjolan kecil yang biasanya terasa nyeri.

Walaupun kondisi ini tidak menimbulkan bahaya, mata bintitan sangat mengganggu dan membuat kamu tidak nyaman. Maka dari itu, kondisi ini harus segera kamu atasi.

Penyebab dari mata bintitan sendiri adalah terjadinya infeksi pada kelenjar minyak yang ada di kelopak mata. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat masuk ke dalam folikel rambut di kelopak mata dan menyebabkan peradangan.

Faktor lain yang mempengaruhi bintitan adalah kebersihan lingkungan yang kurang terjaga, penggunaan produk kosmetik yang tidak bersih, dan adanya tekanan pada mata. Nah, agar kondisi tersebut segera reda terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Pertama yaitu kompres mata dengan air hangat, menggunakan obat tetes mata, tidak menggunakan produk kosmetik untuk sementara waktu, dan meningkatkan kebersihan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES