Kembali muda dalam 10 hari, ini trik haluskan wajah kendur berkeriput pakai 1 jenis sayuran

Kembali muda dalam 10 hari, ini trik haluskan wajah kendur berkeriput pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, manusia akan mengalami penurunan fungsi organ. Tak terkecuali pada kulit yang merupakan organ tubuh terbesar. Dalam kulit terjadi berbagai aksi dan reaksi dari sel-sel yang berpengaruh pada struktur, tekstur dan penampilan kulit itu sendiri.

Ada proses regenerasi, produksi protein dan zat-zat tertentu yang berpengaruh dalam tekstur hingga warna kulit. Nah, saat penuaan terjadi, kulit pun mengalami penurunan dalam regenerasi sel yang mengakibatkan tampilannya jadi kendur atau keriput dan tak lagi kencang.

Kondisi ini dipengaruhi oleh penurunan produksi kolagen dan serat elastin seiring bertambahnya umur. Baik kolagen dan elastin merupakan komponen utama penyusun struktur kulit. Berkurangnya jumlah keduanya di dalam kulit kemudian mempengaruhi perubahan struktur kulit tadi.

Tidak hanya terjadi secara alami, kemunculan tanda-tanda penuaan di atas bisa dipercepat oleh banyak faktor. Salah satunya paparan sinar UV matahari yang dapat merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan penguapan air dalam kulit terjadi secara berlebihan. Penguapan air ini membuat produksi kolagen dan elastin pun menjadi terganggu, sehingga lambat laun mempengaruhi kemunculan kerutan sebelum waktunya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengandalkan berbagai bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya sebagai solusi alternatif mengatasi masalah penuaan. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran wortel, minyak zaitun, dan minyak almond sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @beautywithsunanda0795 di Instagram pada Senin (4/12).

Kembali muda dalam 10 hari  Instagram

foto: freepik.com

Wortel adalah sayuran yang terkenal kaya akan kandungan vitamin. Vitamin A dan C yang dibawa oleh wortel berperan penting dalam menstimulasi proses regenerasi kulit dan melahirkan lapisan kulit yang baru. Wortel juga mengandung antioksidan dari vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, senyawa vitamin K dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah sehingga akan membantu proses pemulihan kulit dari tanda-tanda penuaan yang muncul.

Kembali muda dalam 10 hari  Instagram

foto: freepik.com

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang terkenal akan kemampuannya untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung banyak komponen asam lemak dan vitamin E yang sangat efektif dalam melindungi sekaligus menutrisi kulit dengan kelembapan yang mendalam, menjadikan kolagen dan elastin bekerja dengan baik. Selain itu, sifat antiinflamasi dalam minyak zaitun juga bisa meredakan peradangan dan iritasi pada kulit yang mengalami proses penuaan.

Kembali muda dalam 10 hari  Instagram

foto: freepik.com

Minyak yang diesktraksi dari kacang almond sejatinya kaya akan komponen asam oleat, serta vitamin E dan fitosterol. Asam lemak tak jenuh tunggal membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya, sehingga membantu mengurangi penampilan kerutan. Vitamin E dalam minyak almond merupakan antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah penuaan dini. Sementara itu, fitosterol membantu mengurangi iritasi kulit dan dapat memudarkan bintik penuaan pada kulit pula.

Kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah wortel segar
2. 2 sendok makan minyak kelapa
3. 1 sendok makan minyak almond
4. Alat parut
5. Wadah kecil
6. Botol spray kosong

Kembali muda dalam 10 hari  Instagram

foto: Instagram/@beautywithsunanda0795

Langkah pengerjaan:

1. Kupas dan parutlah 1 buah wortel segar menjadi bulir-bulir kecil.
2. Peraslah bulir wortel tersebut dan masukkan airnya dalam sebuah wadah kecil.
3. Tuangkan 2 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan minyak almond setelahnya.
4. Bila ada, campurkan pula 1 kapsul vitamin E bersama seluruh bahan tadi (opsional).
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
6. Pindahkan larutan tersebut dalam botol spray kosong yang telah dibersihkan sebelumnya.
7. Gunakan larutan ini sebagai facemist secara rutin setiap hari, pada pagi dan malam.
8. Simpanlah dalam kulkas agar bisa digunakan selama lebih kurang 1 minggu.

(brl/wen)

tags

STORIES