Jangan sembarangan, 7 cara pakai sleeping mask yang tepat ini hasilnya lebih efektif

Jangan sembarangan, 7 cara pakai sleeping mask yang tepat ini hasilnya lebih efektif

Brilio.net - Tak hanya siang hari, perawatan wajah saat malam hari juga merupakan rutinitas esensial yang tak boleh kamu tinggalkan jika menginginkan kulit yang sehat. Salah satu produk skincare yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan wajah sehat, glowing nan kinclong adalah sleeping mask. Produk satu ini menjanjikan penggunanya akan memiliki wajah yang glowing dan sehat setelah digunakan.

Sleeping mask adalah jenis masker yang didesain untuk digunakan saat tidur di malam hari. Masker yang disebut juga dengan overnight mask ini pertama kali populer di Korea Selatan. Sleeping mask hadir dalam dua jenis yang berbeda, yakni berbentuk gel atau krim. Ketika digunakan pada malam hari, kandungan nutrisi pada sleeping mask dapat bekerja sebagai pelindung kulit.

Fungsi overnight mask memang dirancang agar dapat menempel lebih lama di wajah sehingga hasil yang didapat bisa menyerap ke dalam kulit lebih dalam selama semalaman. Dengan demikian, hasilnya kulit tampak lebih lembap, cerah, dan menenangkan kulit. Overnight mask bisa digunakan oleh siapa pun. Namun, manfaatnya bisa didapat secara optimal bila digunakan oleh kulit yang kerap kehilangan kelembapannya.

Walaupun namanya mask atau masker dan memiliki tampilan yang mirip dengan pelembap biasa, kamu tak bisa asal ketika mengaplikasikannya. Sementara masker biasanya hanya berfungsi merawat lapisan kulit epidermis, sleeping mask adalah masker yang diformulasikan untuk memberikan perawatan lebih mendalam pada kulit.

Agar hasilnya lebih efektif, yuk, ketahui 7 cara pakai sleeping mask yang tepat, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/1).

1. Pilih formula sleeping mask sesuai dengan kebutuhan kulit.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Tak berbeda dengan penggunaan skincare yang lainnya, kamu juga perlu memilih produk sleeping mask yang formulanya sesuai dengan kebutuhan kulit. Sebelum membeli dan menggunakan sleeping mask, baca dulu kandungan utama yang terkandung di dalamnya. Karena, setiap kandungan pasti memiliki fungsi yang berbeda.

Contohnya, untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak glowing, pilih sleeping mask yang mengandung vitamin A dan C. Jika kamu ingin menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat, pilih sleeping mask yang mengandung ekstrak beras. Sedangkan untuk kulit sensitif, pilihlah kandungan aloe vera di dalamnya untuk menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan.

Jangan lupa untuk menghindari penggunaan sleeping mask yang berbahan dasar clay atau activated charcoal karena bisa membuat kulit kering bila digunakan semalaman. Kamu juga bisa menggunakan sleeping mask berbahan dasar kedua kandungan tersebut apabila memiliki kulit sangat berminyak.

2. Cuci muka dan pakai skincare terlebih dahulu.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum mengaplikasikan sleeping mask, kamu perlu memastikan dulu kalau wajahmu sudah benar-benar bersih dari kuman, bakteri, dan bekas makeup. Jadi, cucilah muka dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, lalu keringkan dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

Cara menggunakan sleeping mask yang benar seharusnya berada pada tahapan akhir dari rangkaian night routines. Jadi, sebelum menggunakan sleeping mask, pastikan kalau kondisi muka sudah bersih, ya. Kemudian kamu bisa pakai sleeping mask setelah gunakan skincare night routines, seperti serum wajah, essence, pelembap, dan krim malam.

Ada tips khusus yang harus diperhatikan, jika sudah menggunakan produk berbahan dasar retinol atau asam, hindari menggunakan sleeping mask dengan kandungan yang sama. Karena penggunaan dua produk kulit dengan kandungan yang sama bisa meningkatkan risiko iritasi kulit.

Selanjutnya, tunggu sampai seluruh produk perawatan kulit yang kamu gunakan sebelumnya sudah menyerap dengan sempurna. Waktu terbaik untuk menggunakan sleeping mask adalah 10-15 menit di malam hari sebelum beranjak tidur. Pastikan kandungan produk skincare malam yang digunakan terserap sempurna ke dalam kulit, ya.

3. Oleskan secukupnya dan secara merata.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Berbeda dengan penggunaan masker wajah lainnya, cara menggunakan sleeping mask tidak boleh terlalu banyak. Karena, tekstur sleeping mask cenderung mirip gel, sehingga mudah meresap ke dalam kulit. Cukup oleskan secukupnya produk sleeping mask pada wajah secara tipis-tipis, namun tetap merata. Kemudian tunggu hingga mengering dan menyerap dengan sempurna ke dalam kulit.

4. Pijat secara perlahan.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Apabila sleeping mask sudah diaplikasikan secara merata pada wajah, kamu juga bisa memijat kulit wajah dengan lembut dan secara perlahan. Tujuannya agar manfaat sleeping mask bisa semakin terserap ke dalam kulitmu. Tak perlu lama-lama, memijat wajah cukup dilakukan selama 23 menit saja.

5. Jangan langsung tidur.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Meskipun namanya sleeping mask, kamu tidak boleh langsung tidur sesaat setelah mengoleskannya. Sebaiknya, kamu perlu menunggu 20-30 menit hingga sleeping mask menyerap di wajah dan tidak meninggalkan rasa lengket. Hal ini dilakukan untuk mencegah sleeping mask menempel pada sarung bantal saat kamu tertidur. Ini adalah salah satu rangkaian cara menggunakan sleeping mask yang sering diabaikan, padahal berfungsi untuk memaksimalkan manfaatnya, lho.

Cara tersebut juga dapat memaksimalkan fungsi dan manfaat sleeping mask itu sendiri. Sebagai alternatif, kamu juga bisa meletakkan handuk kecil di atas bantal untuk mencegah overnight mask menempel atau menodai sarung bantal.

6. Usahakan tidur dengan tenang dalam posisi telentang.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Setelah dirasa kering, kamu disarankan untuk langsung tidur. Nah, trik agar sleeping mask tidak menempel di seprai, sarung bantal, atau guling, kamu harus tidur dengan posisi telentang. Meskipun nantinya akan bergerak selama tidur, namun posisi awal memasuki alam mimpi ini bisa dimulai dengan posisi telentang, ya. Kamu juga sebaiknya tidur yang cukup, minimal selama 78 jam, agar kandungan sleeping mask bisa menyerap dan bekerja secara optimal dalam kulit wajahmu.

7. Bilas wajah keesokan paginya.

Cara pakai sleeping mask yang tepat freepik.com

foto: freepik.com

Sleeping mask yang digunakan sebelum kamu tidur, perlu dibilas saat keesokan pagi harinya. Hal ini karena manfaat sleeping mask yang utama adalah untuk menutrisi kulit saat kamu tidur semalaman. Jadi, cukup bilas atau bersihkan wajah keesokan paginya untuk membersihkan sisa-sisa masker yang masih menempel.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES