Ini perbedaan skincare malam kulit berminyak dan kulit kering, bikin wajah sehat bebas masalah

Ini perbedaan skincare malam kulit berminyak dan kulit kering, bikin wajah sehat bebas masalah

Brilio.net - Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda. Di dunia kecantikan, terdapat banyak sekali jenis kulit dengan permasalahan yang berbeda-beda. Tipe kulit yang dialami banyak orang adalah berminyak dan kering.

Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang ditandai dengan tingginya produksi sebum yang dikeluarkan kelenjar minyak kulit. Hal ini membuat rongga pori-pori pada tipe kulit ini cenderung menjadi lebih besar karena pengeluaran sebum secara berlebih. Kondisi ini membuat wajah bertekstur, kasar, terlihat kotor, dan greasy.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, seperti fluktuasi hormon, kondisi cuaca, hingga polusi, dan paparan sinar matahari diketahui dapat menstimulasi kelenjar sebum mengeluarkan lebih banyak minyak untuk menjaga suhu kulit. Hal ini berimplikasi pada pembesaran pori-pori wajah sehingga rentan dimasuki kotoran, sehingga menjadi komedo dan jerawat.

Sementara itu, kulit kering merupakan kebalikan dari kulit berminyak. Kulit kering memiliki tingkat kelembapan yang minim akibat minimnya produksi jumlah minyak alami kulit. Biasanya, orang dengan kulit kering akan merasa efek tertarik, kemerahan, hingga iritasi. Hal ini jelas akan membuat mereka yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Salah satu faktor yang membuat kulit sering terasa kering adalah dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh yang dehidrasi akan kekurangan kapasitas cairan sehingga tidak mampu menyuplai kulit dengan kelembapan yang diperlukan.

Selain itu faktor eksternal seperti paparan sinar matahari hingga suhu dingin dapat membuat udara menjadi kering, sehingga berakhir menarik kelembapan alami dan air dari dalam kulit secara cepat.

Jelas bahwa permasalahan kulit bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare). Hanya saja, setiap tipe kulit memiliki jenis dan rangkaian produk skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit tersebut.

Apalagi, perbedaan kulit berminyak dan kering jelas membuat skincare yang digunakan pun juga berbeda agar benar-benar bisa mengatasi masalah kulit secara efektif.

Untuk mengetahui perbedaan skincare malam antara kulit berminyak dan kulit kering, kamu bisa menyimak rangkaian informasi di bawah ini sebagaimana ditulis briliobeauty.net pada Selasa (20/2).

1. First Cleanser

Produk first cleanser merupakan sejenis pembersih wajah yang digunakan sebelum mencuci muka menggunakan facial wash. Produk ini ditujukan untuk membersihkan wajah dari residu makeup, sunscreen, hingga polusi yang sulit diangkat oleh pembersih berbahan dasar air seperti facial wash. Nah, first cleanser ini memiliki berbagai macam jenis, mulai dari micellar water, cleansing balm, cleansing oil, hingga cleansing milk.

Kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, maka first cleanser yang disarankan adalah menggunakan micellar water. Selain ringan, micellar water juga memiliki molekul 'micelles' yang dapat mengikat dan mengangkat kotoran dari kulit tanpa menyumbat pori-pori. Melaluinya, kamu dapat membersihkan kulit secara maksimal tanpa harus merasakan efek berat di kulit.

Rekomendasi:

- Sea Makeup Acne Clear Micellar Water

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Sea Makeup Official Shop

Sea Makeup Acne Clear Micellar Water merupakan micellar water yang diformulasikan khusus bagi kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini mengandung tiga bahan aktif unggulan: salicylic acid, bisabolol, dan mugwort. Dengan kombinasi ini, wajah akan terbebas dari kotoran dan perangan jerawat, sehingga kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

- Azarine Xpress Micellar Oil Water

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Azarine Cosmetic Official Shop

Pembersih wajah dari Azarine ini merupakan micellar water dengan 5 Actions Formula yang mampu membersihkan, menenangkan, menutrisi, melindungi, dan melembapkan kulit sekaligus. Selain itu, micellar water ini juga mengandung kandungan alami Babassu Oil, Ceramide 3, Lotus Water, dan Hyaluronic Acid yang dapat membantu membersihkan pori secara mendalam, mengontrol minyak dan jerawat kulit, serta menjaga skin barrier.

Kulit kering

Sementara itu, kulit kering lebih cocok digunakan produk first cleanser berbahan dasar oil yang mampu memberikan efek lembap tanpa meninggalkan iritasi pada kulit. First cleanser ini berupa seperti cleansing balm dan cleansing oil.

Rekomendasi:

- TRUE TO SKIN x YUPI 2 Layer Effortless Cleansing Balm

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Truetoskin Official Shop

Berkolaborasi dengan Yupi, cleansing balm dari True to Skin ini memiliki 2 layer berwarna cantik yang dinilai dapat dengan cepat mengangkat kotoran dan waterproof make-up tanpa meninggalkan residu. Kandungan Blueberry, Centella Asiatica, Artemisia Vulgaris, Sambucus Nigra Fruit, dan Watermelon di dalamnya membuat produk ini dapat pula memberikan efek calming dan hidrasi pada kulit dengan baik.

- Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/NUTRISHE Official Shop

Cleansing Balm dari Nutrishe ini diklaim memiliki formula yang ringan dan menenangkan, sehingga nyaman dipakai bahkan oleh kulit yang teriritasi. Berfungsi untuk menghilangkan makeup dan kotoran pada kulit, cleansing balm ini mengandung Meadowfoam Seed Oil untuk menjaga kelembapan, Centella Asiatica Extract untuk menenangkan, dan Sunflower Seed Oil sebagai pemberi manfaat antioksidan pada kulit.

2. Second cleanser

Agar wajah menjadi lebih bersih maksimal, maka wajib setelahnya dilanjutkan dengan menggunakan second cleanser berupa facial wash. Sabun cuci muka ini ditujukan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran serta secara maksimal dengan busa yang dihasilkan dari facial wash, lalu meluruhkan semuanya dengan air saat dibilas.

Kulit berminyak

Bagi kulit berminyak, jenis facial wash yang cocok adalah yang bisa menghasilkan busa banyak namun tetap ringan di kulit. Busa yang dihasilkan ini bisa membersihkan pori-pori kulit dengan baik dari kotoran, sehingga bisa memberi efek segar bebas kilap.

Rekomendasi:

- YOU Hy! Amino AC-Ttack Anti-Acne Facial Wash

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/YOU Beauty Official Shop

Sabun cuci muka dari YOU ini mengandung 5 jenis hyaluronic acid dan 4 jenis asam amino, sehingga efektif memberikan hidrasi sekaligus merawat skin barrier kulit yang rusak. Sementara itu, kandungan salicylic acid, centella asiatica, dan tea tree oil di dalamnya menjadi unsur utama yang digunakan untuk melawan jerawat dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

- The Originote Cicamide Facial Cleanser

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/The Originote Official Shop

The Originote menghadirkan facewash dengan mengkombinasikan ceramide, niacinamide, dan centella asiatica. Kandungan ceramide dan centella asiatica terkenal baik dalam merawat skin barrier pada kulit yang berminyak dan berjerawat. Sementara niacinamide menjadi komponen yang bagus dalam menahan produksi minyak dan mencegah jerawat.

Kulit kering

Di sisi lain, kulit kering akan lebih baik menggunakan facial wash dengan kandungan busa yang minim, seperti facial foam. Hal ini membuat kulit akan menjadi bersih tanpa menghilangkan kelembapan alaminya yang sudah minim tersebut.

Rekomendasi:

- Glad2Glow Milk Amino Acid Gentle Cleanser

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Glad2Glow Official Store

Produk baru dari Glad2Glow ini merupakan sabun cuci muka bertekstur lembut dan kaya foam, sehingga membuat pembersih wajah ini efektif membersihkan wajah tanpa meninggalkan residu.

Facial wash ini diformulasikan dengan komponen Amino Acid dan susu yang telah dikenal efektif dapat menjaga kelembaban kulit serta merawat skin barrier dengan baik, sehingga cocok digunakan bagi pemilik kulit kering.

- SOMETHINC Calm Down! Skinpair Bubble Cleanser

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/SOMETHINC Official Shop

Produk ini merupakan tipe bubble cleanser yang efektif membersihkan wajah dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan kulit. Mengandung paten inovatif Calm Down dan 3D Aqua Seal Technology, cleanser ini juga efektif memperkuat skin barrier, sehingga kulit pun jadi minim iritasi. Plus, kandungan Heartleaf, Mugwort, dan Panthenol di dalamnya membuat cleanser ini bisa memberi efek kulit bersih, lembut, dan sehat dengan baik.

3. Treatment

Setelah mencuci muka, maka tentunya wajah harus diberikan nutrisi dengan kandungan-kandungan yang sesuai dengan tipe kulit. Dalam hal inilah produk berjenis "treatment" itu bekerja.

Produk-produk treatment bekerja dengan menyasar langsung pada permasalahan kulit yang dialami seseorang, sehingga dalam prosesnya akan membantu mengatasi masalah kulit yang muncul.

Produk treatment sendiri terdiri dari berbagai jenis, mulai dari toner, essence, serum, hingga ampoule. Urutan pemakaian treatment di wajah sendiri biasanya dimulai dari tingkat konsentrasi bahan aktif yang dimiliki dalam produk. Dalam hal ini, toner biasanya memiliki tingkat konsentrasi bahan aktif yang lebih ringan, lalu essence, serum, hingga ampoule dengan konsentrasi bahan aktif tinggi.

Kulit berminyak

Kulit yang berminyak, sebagaimana telah disinggung sebelumnya, biasanya akan terlihat memiliki pori-pori besar dan rentan berjerawat. Oleh karena itu, diperlukan produk treatment yang bisa mengatasi meredam radang jerawat, mengecilkan pori-pori, hingga mengontrol produksi minyak alami (sebum) di kulit.

Rekomendasi:

- SALSA Perfect Hydrating Toner

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Salsa Cosmetic Official Shop

SALSA New Perfect Hydrating Toner merupakan toner multifungsi yang dapat membersihkan sekaligus membantu melembabkan kulit wajah. Kandungan ekstrak Tea Tree serta Salicylic Acid di dalamnya dapat membantu menyamarkan pori-pori, mengontrol produksi sebum, dan memperbaiki tekstur kulit. Sementara aloe vera dalam toner ini membantu menghidrasi kulit secara menyeluruh dan memberi efek segar menenangkan di kulit.

- SOMETHINC Hylapore Away Solution

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/SOMETHINC Official Shop

Serum dari SOMETHINC yang bernama Hylapore Away Solution ini mengandung bahan-bahan alami seperti Cleome Gynandra Leaf Extract, Zinc PCA, Mastic Gum, dan Palmitoyl Tripeptide-38 yang telah teruji klinis. Melalui kandungan tersebut, serum ini diklaim dapat membantu mengencangkan pori-pori, meredakan kemerahan pada kulit, dan mengendalikan produksi sebum berlebih. Hasilnya, pori-pori wajah akan tampak rapat dan halus.

Kulit kering

Jenis produk yang dibutuhkan oleh kulit kering adalah kandungan yang mampu memberikan hidrasi mendalam pada kulit. Melaluinya, skin barrier kulit kering akan menjadi lebih kuat dan terjaga, sehingga bisa meminimalisir potensi iritasi yang sering dialami kulit kering.

Rekomendasi

- NPURE Licorice Milky Spotlight Toner

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Npure Official Shop

Toner dari brand NPure ini merupakan toner dengan tekstur seperti susu yang diformulasikan khusus untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Toner ini dilengkapi dengan 97% Galactomyces Ferment Filtrate yang terbukti efektif secara klinis dapat mencerahkan kulit dan merawat kulit berjerawat. Selain itu, kandungan seperti ekstrak Licorice, CRYSTALIDE, Niacinamide, dan Vitamin E di dalamnya efektif dalam memberi kelembapan dan menjadikan kulit lebih sehat dan bersinar.

- Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Wardah Official Shop

Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner ini diklaim mengandung 72 Hours Hydrating Active yang memberikan kelembapan optimal. Apalagi dengan kandungan Pure Rose Water dan Real Rose Petal, toner ini tidak hanya menghidrasi tetapi juga menenangkan kulit wajah. Kandungan vitamin di dalamnya juga diklaim dapat membantu memberi efek wajah yang lebih glowing.

4. Moisturizer

Setelah semua treatment tadi selesai diaplikasikan, maka rangkaian skincare tadi harus ditutup dengan penggunaan moisturizer. Sebagaimana namanya, moisturizer atau pelembap wajah ini berfungsi untuk melengkapi hidrasi dan mengunci nutrisi yang telah diterima kulit oleh produk treatment. Tak hanya itu, moisturizer juga berfungsi untuk melindungi dan menjaga keseimbangan kesehatan kulit.

Kulit berminyak

Bagi kulit berminyak, moisturizer yang dipakai haruslah yang memiliki formula yang ringan, non-comedogenic, dan bebas minyak. Hal ini biasanya ditemukan dalam moisturizer bertekstur gel, dimana sifatnya lebih ringan dan mudah menyerap ke kulit tanpa meninggalkan efek greasy.

Rekomendasi

- TERATU BEAUTY Hydration Boost & Calming Lightweight Gel Moisturizer

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Teratu Beauty Official Shop

Moisturizer berbentuk gel dari Teratu Beauty ini merupakan pelembap yang ringan dan bertekstur seperti air, sehingga menjadi pilihan yang bagus dan nyaman digunakan untuk kulit berminyak. Pelembap ini juga mengandung 2% Niacinamide, 3% Aloe vera extract, Mugwort extract, dan Centella asiatica extract yang dapat mengatasi masalah kulit berjerawat pula.

- Glad2Glow Centella Allantoin Soothing Gel Moisturizer

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Glad2Glow Official Store

Pelembap dari Glad2Glow ini memiliki tekstur gel ringan yang dapat memberikan efek cooling yang secara instan tanpa meninggalkan kesan greasy. Moisturizer ini sendiri dapat menenangkan wajah teriritasi akibat jerawat dengan baik berkat kandungan Centella Asiatica dan Allantoin di dalamnya. Plus, moisturizer ini juga berperan aktif dalam melembapkan kulit dan menguatkan skin barrier dalam prosesnya.

Kulit kering

Sementara itu, kulit kering akan lebih cocok menggunakan moisturizer bertekstur krim yang notabene lebih berat. Hal ini dikarenakan pelembap wajah dengan krim biasanya akan memiliki kandungan "oil" yang lebih banyak, sehingga bisa memberikan hidrasi maksimal ke dalam kulit.

Rekomendasi

- Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/JOYLAB Official Shop

Sebagaimana namanya, moisturizer dari Joylab ini memiliki tekstur seperti puding yang lembut. Moisturizer ini diklaim dapat memberikan kelembapan ekstra tanpa rasa lengket pada kulit berkat kandungan 2% Niacinamide, Betaine, Glycerin, Allantoin, dan caffeine di dalamnya. Plus, pelembap ini juga dapat memberikan manfaat mencerahkan, meratakan warna kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit dengan baik.

- Studio Tropik Rich Skin Barrier Cream

perbedaan skincare malam  berbagai sumber

perbedaan skincare malam
Shopee/Studio Tropik Official Shop

Moisturizer besutan Studio Tropik ini memiliki tekstur krim yang penuh akan nutrisi. Komposisinya kaya akan komponen pelembap kulit seperti Sugarcane Squalane, ProVitamin B5, Bifidalacto Probiotics, PGA, Quadraple HA, Crystal Iceplant, dan Marine Collagen. Hal ini membuat pelembap ini cocok untuk kulit kering dan dehidrasi karena kemampuannya melembapkan kulit hingga ke lapisan terdalam dengan cepat.

(brl/ola)

tags

STORIES