Hasilnya terlihat dalam 9 hari, ini cara mencerahkan flek hitam pakai masker dari 1 jenis buah

Hasilnya terlihat dalam 9 hari, ini cara mencerahkan flek hitam pakai masker dari 1 jenis buah

Brilio.net - Warna kulit manusia tidak selamanya memiliki tone yang sama. Ada kalanya warna kulit mengalami perubahan yang disebabkan oleh peningkatan produksi melanin. Kondisi tersebut membuat bagian kulit tertentu berubah warna menjadi lebih gelap dari aslinya. Kondisi tersebut biasanya dikenal dengan sebutan flek hitam atau hiperpigmentasi.

Penyebab utamanya berasal dari kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar UV dari matahari ini diketahui dapat merangsang produksi melanin yang dapat menyebabkan flek hitam. Tak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, peningkatan produksi melanin juga bisa terjadi karena kulit yang mulai memasuki fase penuaan.

Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang sudah memasuki usia di atas 30 tahunan. Selain itu, flek hitam juga bisa timbul dikarenakan adanya trauma atau proses peradangan pada kulit. Ini bisa terjadi ketika kulit mengalami luka bakar, kecelakaan, ataupun bekas jerawat meradang yang meninggalkan bekas menghitam. Munculnya flek hitam di wajah ini cukup mengganggu penampilan.

Tak heran jika banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk mencerahkan flek hitam. Salah satunya adalah menggunakan krim yang terbuat dari bahan alami, seperti yang ditunjukkan pengguna YouTube Aroma Talks. Tak kalah dengan krim di pasaran, perawatan wajah secara alami diklaim sang pemilik kanal bisa mencerahkan flek hitam dalam waktu sembilan hari.

"Saya melihat hasilnya dalam waktu 9 hari," tulis Aroma Talks pada keterangan videonya, seperti dikutip briliobeauty.net pada Jumat (5/1).

Dalam video tersebut, ia memakai buah beetroot, lidah buaya, shea butter, dan lemon. Dilansir dari bebeautiful.in, buah beetroot mengandung senyawa antioksidan bernama betasianin yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, cegah penuaan dini, dan kerusakan sel. Sedangkan, kandungan vitamin C dalam buah beetroot, membantu mencerahkan, dan mengurangi flek hitam.

Lidah buaya, dikenal memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu mengurangi peradangan, mempercepat proses penyembuhan kulit, dan mengurangi flek hitam. Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa melembapkan kulit secara alami.

Selain kedua bahan tersebut, terdapat bahan tambahan yaitu shea butter yang mengandung asam lemak dan vitamin. Kandungan ini membantu melembapkan kulit dan mengatasi kering. Kemudian ada juga lemon yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Adanya antiseptik di dalam lemon juga membantu membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran.

Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, flek hitam pada kulit bisa kembali cerah. Lantas bagaimana cara membuatnya? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Aroma Talks, Sabtu (6/1).

Bahan-bahan:

cara mencerahkan flek hitam pakai buah  berbagai sumber

foto: YouTube/Aroma talks

1. 1 buah beetroot
2. 1 sendok makan gel lidah buaya
3. 2 sendok makan shea butter
4. 2 tetes minyak lemon.

Cara membuat:

cara mencerahkan flek hitam pakai buah  berbagai sumber

foto: YouTube/Aroma talks

1. Bersihkan beetroot dari kulitnya dan kupas dengan ukuran kecil
2. Masukkan ke dalam mangkuk
3. Peras buah beetroot tersebut
4. Tuangkan pada wadah baru dan tambahkan gel lidah buaya
5. Tambahkan shea butter
6. Tambahkan beberapa tetes minyak lemon oil
7. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata
8. Masukkan krim tersebut ke dalam jar skincare dan tutup rapat.

Cara menggunakan:

cara mencerahkan flek hitam pakai buah  berbagai sumber

foto: YouTube/Aroma talks

1. Bersihkan area wajah dan leher terlebih dahulu
2. Oleskan krim tersebut pada wajah hingga merata
3. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit
4. Bilas krim tersebut dengan menggunakan air dingin
5. Keringkan wajah dengan handuk ataupun tisu
6. Ulangi penggunaan krim ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

(brl/mal)

tags

STORIES