Hasilnya tampak dalam 7 hari, ini cara merapatkan pori-pori agar wajah auto mulus pakai 1 bahan dapur

Hasilnya tampak dalam 7 hari, ini cara merapatkan pori-pori agar wajah auto mulus pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Pori-pori wajah merupakan bagian penting dari struktur kulit manusia. Bentuknya lubang-lubang kecil yang berguna sebagai tempat keluarnya minyak alami, keringat, dan zat-zat lain dari dalam kulit.

Memiliki kegunaan yang cukup penting bagi kulit, membuat kesehatan pori-pori wajah harus dijaga dengan baik. Jika tidak dijaga, pori-pori kulit ini dapat mengalami penumpukan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati. Terjadinya penumpukan tersebut memicu berbagai masalah bagi wajah, seperti timbulnya jerawat, komedo dan pori-pori yang tampak membesar. Selain itu, tekstur kulit juga terlihat tidak halus dan kusam.

Tampilan kulit wajah tersebut mungkin membuat sejumlah orang yang memiliki pori-pori besar ini merasa kurang percaya diri. Agar tampilan wajah tampak cerah dan terbebas dari segala macam masalah, kamu perlu merapatkan pori-pori wajah kembali.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti rutin membersihkan wajah menggunakan sabun ataupun micellar water hingga eksfoliasi dengan masker alami. Tak perlu beli, kamu bisa membuat masker wajah sendiri dari empat bahan yaitu jus kentang, multani mitti, gel lidah buaya, dan perasan lemon.


Dilansir dari myglamm.com, Senin (12/2), kentang yang dimaksud bahan dapur dalam masker kali ini diketahui mengandung vitamin C, vitamin B, dan mineral seperti kalium. Kandungan-kandungan inilah yang dapat membantu menyehatkan kulit. Kentang juga mengandung zat pemutih alami yang dapat membantu mencerahkan dan merapatkan pori-pori.

Sementara multani mitti adalah tanah liat alami yang kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, dan besi. Tanah liat ini terkenal karena kemampuannya menyerap minyak berlebih pada kulit dan membersihkan pori-pori secara mendalam.

Bahan masker selanjutnya yang dipakai, yang bersifat menenangkan dan menghidrasi kulit adalah gel lidah buaya. Kandungan enzim dan antioksidan di dalam gel lidah buaya membantu menyempitkan pori-pori dengan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Tak ketinggalan bahan terakhir yang dipakai adalah lemon. Buah satu ini mengandung asam sitrat yang dapat membantu menyempitkan pori-pori dengan mengecilkannya. Dengan begitu, wajah lebih halus dan bersih. Namun, karena sifatnya yang asam, penggunaan lemon perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama untuk kulit sensitif.

Cukup dengan mengaplikasikan masker tersebut, pori-pori yang besar dapat rapat kembali. Tertarik menggunakan masker tersebut? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube beautifulyou_tips, Senin (12/2).

Bahan:

cara merapatkan pori-pori berbagai sumber

foto: YouTube/beautifulyou_tips

- 1 gelas kecil jus kentang
- 1 sendok makan bubuk multani mitti
- 1 sendok makan gel lidah buaya
- 1/2 perasan lemon.

Cara membuat:

cara merapatkan pori-pori berbagai sumber

foto: YouTube/beautifulyou_tips

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan bubuk multani mitti
3. Campurkan gel lidah buaya
4. Tambahkan perasaan lemon
5. Tuangkan jus kentang
6. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Masker siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

cara merapatkan pori-pori berbagai sumber

foto: YouTube/beautifulyou_tips

1. Pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
2. Oleskan masker ke permukaan wajah dan leher
3. Diamkan kurang lebih 15 menit
4. Bilas masker menggunakan air biasa
5. Keringkan wajah dengan handuk ataupun tisu
6. Aplikasikan masker secara rutin yaitu dua kali dalam seminggu.

(brl/tin)

tags

STORIES