Hanya pakai 4 bahan dapur, ini cara atasi hiperpigmentasi tangan dan kaki akibat sinar matahari

Hanya pakai 4 bahan dapur, ini cara atasi hiperpigmentasi tangan dan kaki akibat sinar matahari

Brilio.net - Permasalahan kulit yang kerap kali dialami oleh pengguna motor adalah warna tangan dan kaki yang lebih gelap dari bagian tubuh lain. Kulit tangan dan kaki yang tampak menggelap umumnya disebabkan oleh produksi melanin berlebih. Melanin adalah zat pewarna kulit alami yang diproduksi oleh sel dalam lapisan kulit yang disebut melanosit. Semakin banyak melanin yang kamu miliki, semakin gelap kulit kamu.

Banyaknya kadar melanin pada kulit juga dapat dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, hormon, dan paparan zat kimia tertentu yang berasal dari penggunaan produk perawatan kulit. Namun, jika kamu terlalu sering beraktivitas di bawah sinar matahari, hal terparah yang kemungkinan terjadi adalah hiperpigmentasi hingga kanker kulit.

Hiperpigmentasi adalah masalah kulit di mana melanosit memproduksi terlalu banyak melanin, sehingga muncul bercak-bercak kulit yang berwarna lebih gelap daripada kulit normal di sekitarnya. Meski umumnya tidak berbahaya, hiperpigmentasi kulit dapat mengganggu penampilan. Namun kamu tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Bahkan kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di sekitarmu, lho.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @netty024. Melalui video unggahan yang berdurasi 20 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara atasi hiperpigmentasi tangan dan kaki akibat sinar matahari pakai 4 bahan dapur. Bahan-bahan dapur yang digunakan adalah tepung beras, kunyit bubuk, kopi bubuk, dan susu.

Cara atasi hiperpigmentasi tangan dan kaki pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@netty024

"Racik sendiri. Tepung beras + kopi bubuk + kunyit bubuk + Susuberuang," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @netty024, Sabtu (18/2).

Asam ferulat dan asam para-aminobenzoic yang terkandung dalam tepung-tepungan ini diklaim mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tetapi, dua senyawa yang telah disebutkan di atas memang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit.

Dengan kandungan tepung beras yang sangat kaya akan mineral, menjadi salah satu solusi alami dalam mencerahkan kulit. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Selain itu, kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Cara atasi hiperpigmentasi tangan dan kaki pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@netty024

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES