Hanya 4 langkah, begini cara mudah membuat minyak wortel sendiri di rumah untuk menyamarkan flek hitam

Hanya 4 langkah, begini cara mudah membuat minyak wortel sendiri di rumah untuk menyamarkan flek hitam

Brilio.net - Wajah cerah, halus, dan terbebas dari permasalahan kulit merupakan impian bagi semua orang, terlebih lagi kaum hawa. Salah satu permasalahan wajah yang sering dialami adalah munculnya flek hitam pada wajah. Permasalahan yang satu ini memang tidak menimbulkan nyeri. Namun, bisa lho menurunkan tingkat kepercayaan diri karena bisa mengganggu penampilan keseharian kamu.

Munculnya flek hitam ini disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir briliobeauty.net dari Medial News Today pada, Senin (23/1) terdapat beberapa faktor yaitu kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, perubahan hormon, efek penggunaan obat, dan kondisi kesehatan.

Di sisi lain, flek hitam atau biasa dikenal hiperpigmentasi ini bisa muncul pada beberapa area kulit, salah satunya adalah wajah. Munculnya flek hitam ini disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih.

Nah, ketika flek hitam ini muncul pada permukaan kulit wajah, kamu tidak perlu khawatir. Permasalahan yang satu ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah perawatan menggunakan bahan alami, seperti minyak wortel.

Produk minyak wortel ini sejatinya sudah bisa kamu temui di toko kecantikan. Namun, kamu bisa lho membuat minyak wortel sendiri di rumah. Tentunya, cara membuat minyak wortel ini cukup mudah dan bahan-bahannya bisa kamu temui di sekitar.

Berbicara mengenai wortel, sayuran yang satu ini mengandung betakaroten, vitamin B dan C, kalium, serat, dan mineral yang tinggi. Nah, adanya kandungan seperti vitamin A ini lah yang bisa menyamarkan flek hitam pada wajah.

Kandungan tersebut mendorong produksi kolagen dalam tubuh dan protein struktural penting untuk menjaga elastisitas kulit. Tidak hanya itu, adanya vitamin A tersebut bisa mencegah penuaan dini, mencegah munculnya keriput, dan menghilangkan flek hitam tentunya.

Lantas, bagaimana cara membuat minyak wortel untuk mengatasi flek hitam? Yuk, simak cara membuatnya yang dibagikan oleh pengguna YouTube, Pamas Davinci.

cara mudah membuat minyak wortel Berbagai sumber

foto: YouTube/Pamas Davinci

Langkah pertama yang perlu kamu siapkan adalah satu buah wortel dan minyak kelapa. Jika sudah bersihkan wortel dari kulitnya dan cuci hingga bersih.

cara mudah membuat minyak wortel Berbagai sumber

foto: YouTube/ Pamas Davinci

Setelah itu, parut wortel tersebut dengan tekstur yang sedikit agak lembut. Selanjutnya yaitu masukkan wortel tersebut ke dalam panci dan tambahkan minyak kelapa kurang lebih lima sendok makan.

cara mudah membuat minyak wortel Berbagai sumber

foto: YouTube/ Pamas Davinci

Kemudian masak kurang lebih 10 menit wortel dan minyak kelapa tersebut dengan api kecil dan aduk-aduk hingga mendidih. Tidak hanya itu, minyak wortel tersebut dimasak hingga berwarna kecokelatan. Hal ini dilakukan agar hasil dari minyak wortel tersebut memiliki kualitas bagus.

Langkah berikutnya yaitu diamkan minyak wortel tersebut kurang lebih 30 menit. Jika sudah, saring rebusan minyak wortel tersebut. Lalu, tambahkan minyak essensial oil kurang lebih lima tetes.

Langkah terakhir yaitu masukkan minyak wortel tersebut ke dalam botol pipet yang sebelumnya sudah dibersihkan. Dengan begitu, minyak wortel ini sudah bisa kamu gunakan untuk perawatan wajah.

Itulah cara membuat minyak wortel yang bisa kamu praktikkan dengan mudah di rumah. Sementara itu, unggahan video tersebut pun menarik perhatian hingga mendapatkan berbagai komentar dari warganet.

"Wortel dipanaskan sampe gosong gitu bukannya ilang semua kandungan vitamin dan mineralnya? Skrng kan jamannya cold presh oil," tulis akun @Dedy Sukmana.

"Gunakan api yang kecil saja dan mungkin next aku akan membuat dengan menggunakan metode infused oil nya," jawab pemilik video.

"Txs bang informasinya, minyaknya bisa diminum ga bang buat kesehatan?" komentar akun @"Arfan Dadi.

"Cara ini bisa digunakan jg untuk membuat minyak sereh/jahe dan kunyit kak? Maksudnya sereh/kunyit dan jahenya tidak dalam bentuk serbuk .mana LBH baik kak?terimakasih infonya," komentar akun @Dave Siregar.

"Ya bisa, melalui proses pemanasan dan kalau menggunakan bubuk tidak menggunakan proses pemanasan ( cold pressed )," jawab pemilik video.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES