Cuma pakai bahan dapur, cara merawat kulit terbakar matahari ini bantu hilangkan kemerahan

Cuma pakai bahan dapur, cara merawat kulit terbakar matahari ini bantu hilangkan kemerahan

Brilio.net - Meski penting bagi kehidupan manusia, paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar atau sunburn. Selain mengganggu penampilan, sunburn juga menimbulkan rasa perih yang tidak nyaman di kulit. Kondisi ini terjadi karena paparan sinar matahari mengandung ultraviolet (UV).

Jika dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin jika kulitmu akan mengalami iritasi akibat sunburn ini. Kondisi ini bisa ditandai dengan kulit kemerahan, panas, dan terasa perih. Selain itu, kulit juga mungkin akan mengelupas setelah beberapa hari. Bahkan hingga menyebabkan kulitmu jadi lebih gelap atau mengalami hiperpigmentasi.

Kulit yang menggelap adalah efek jangka pendek dari masalah kulit yang terbakar matahari. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kulit, seperti kanker kulit. Namun, jangan khawatir, kamu bisa atasi dengan menggunakan cara-cara alami untuk mengurangi efek terbakar sinar matahari.

Cara merawat kulit terbakar matahari pakai bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@farzananishu

Seperti yang dibagikan oleh pengguna akun TikTok @farzananishu pada (31/8/2021). Dalam video yang berdurasi 15 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara merawat kulit terbakar matahari pakai bahan-bahan dapur. Bahan-bahan yang digunakan di antaranya adalah beras, air cucian beras, yoghurt, tepung beras, madu, dan kunyit.

Manfaat air cucian beras dapat kamu manfaatkan untuk membantu meredakan sunburn atau kulit kemerahan akibat terbakar sinar matahari. Air cucian beras terasa sangat menyejukkan pada kulit yang terbakar sinar matahari apalagi kulit yang kemerahan. Sedangkan yoghurt memiliki kandungan protein dan lemak yang dapat mengurangi rasa perih pada kulit terbakar.

Cara merawat kulit terbakar matahari pakai bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@farzananishu

Sementara madu memiliki sifat yang antibakteri dan dapat menyembuhkan luka, sehingga sangat baik menggunakan madu untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Lalu, kunyit mengandung zat antiseptik yang dapat meringankan rasa sakit dan meredakan kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

"Time to repair my skin...easiest way to remove the sunburn at home with simple remedies! (Saatnya memperbaiki kulit saya...cara termudah untuk menghilangkan sengatan matahari di rumah dengan pengobatan sederhana!)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @farzananishu, Jumat (13/1).

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan merendam beras ke dalam air selama 30-40 menit. Setelah itu, saring beras tersebut dan blender hingga halus. Lalu tambahkan plain yoghurt dan madu secukupnya. Aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur merata. Jika tekstur masih terlalu kering, kamu bisa menambahkan yoghurt atau madu ke dalam pasta tersebut.

Cara merawat kulit terbakar matahari pakai bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@farzananishu

Kemudian, aplikasikan ke seluruh kulit yang mengalami sunburn. Jika pada wajah, kamu bisa mengaplikasikan ke seluruh wajah hingga ke leher secara merata. Lalu gosok seperti saat kamu menggunakan scrub secara perlahan kurang lebih 5 menit. Lebih lanjut, agar wajahmu kembali segar dan kemerahan di wajahmu berkurang, gunakan air rendaman beras yang kamu buat tadi sebagai toner.

Caranya, kamu cukup merendam kapas ke dalam air rendaman beras tersebut, lalu usapkan ke seluruh wajahmu. Tahap terakhir, yaitu gunakan masker wajah yang dibuat menggunakan campuran kunyit, yoghurt, dan tepung beras. Campur ketiga bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan hingga kering. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air dingin hingga bersih.

Cara merawat kulit terbakar matahari pakai bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@farzananishu

Video cara merawat kulit terbakar matahari yang dibagikan oleh pemilik akun @farzananishu ini pun viral. Sampai saat ini, video tersebut sudah ditonton sebanyak 122 ribu kali dan menuai lebih dari 30 komentar beragam dari warganet.

"bisakah kamu melakukan sesuatu untuk hiperpigmentasi di sekitar wajah," tanya pemilik akun @user154533478.

"Kamu bisa menggunakan tepung beras sebagai lulur," ungkap akun @ayshauddin281.

"aku menyukainya sayang," kata pemilik akun @monalisa_rahman38.

@farzananishu Time to repair my skin...easiest way to remove the sunburn at home with simple remedies! #diy #skincare #diyskincare #fyp #foryou #foryoupage #f_f_n Woah - KRYPTO9095

(brl/lin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES