Cuma pakai 2 bahan alami, tips mengatasi bisul ini ampuh dan antisakit

Cuma pakai 2 bahan alami, tips mengatasi bisul ini ampuh dan antisakit

Brilio.net - Bisul atau yang dikenal juga dengan udunan adalah benjolan merah yang terasa nyeri dan berisi nanah. Kondisi kulit yang seperti itu biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi tersebut biasanya muncul di bagian leher, ketiak, bokong, selangkangan, ataupun wajah. Tak hanya itu saja, bisul juga bisa disebabkan oleh debu atau polusi menghalangi terbukanya pori-pori, sehingga mengakibatkan terbentuknya benjolan disertai rasa sakit karena iritasi.

Selain itu, panas yang berlebihan juga bisa menyebabkan permasalahan terkait bisul dan penyakit kulit lainnya. Bisul mulai terbentuk dengan benjolan merah yang berisi nanah. Sebagian besar bisul pecah, mengering, dan sembuh dalam waktu 2 hari hingga 3 minggu setelah terbentuk. Meskipun nampak sepele, bisul dapat menyebabkan sensasi rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga haruslah segera diobati.

Untuk mengobati bisul secara cepat dan praktis, kamu dapat mencoba pengobatan herbal alami dengan bahan-bahan yang bisa kamu temui disekitarmu. Seperti yang dibagikan oleh salah seorang pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @rokamherbal pada (5/12/2022) lalu. Melalui video unggahan yang berdurasi 3 menit 58 detik tersebut pemilik akun membagikan tips mengatasi bisul yang cuma pakai 2 bahan alami. Kedua bahan tersebut adalah kapur sirih dan kunyit bubuk.

Tips mengatasi bisul pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@rokamherbal

Kapur sirih merupakan bahan yang mempunyai rumus kimia CaCO3 yang dengan adanya faktor lingkungan dapat menjadi CaO dan Ca(OH)2. Dengan rumus kimia tersebut, menyebabkan kapur sirih punya kandungan utama yakni kalsium. Secara umum, kalsium merupakan mineral yang amat penting bagi manusia terutama sebagai pembentuk masa tulang.

Kapur sirih juga bisa digunakan sebagai obat bersamaan dengan bahan lain, seperti untuk mengatasi batuk selesma, gusi bengkak, bisul, masalah haid, digigit serangga serta penyakit kulit misalnya panu, kurap dan kutil. Sementara kunyit, memiliki banyak manfaat yang biasa digunakan sebagai obat alami pada berbagai penyakit. Salah satunya untuk mengatasi bisul.Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat.

Tips mengatasi bisul pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@rokamherbal

"Herbal Bisul Biar sembuh dan tidak kambuh lagi," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rokamherbal, Senin (23/1).

Caranya mudah, yaitu kamu hanya perlu menyiapkan mangkuk, sendok, kapas, bubuk kunyit, dan kapur sirih. Pertama, kompres terlebih dahulu bisul menggunakan air hangat. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 1-2 menit atau sampai kulit menjadi kering kembali. Lebih lanjut, tuangkan setengah sendok teh kapur sirih kedalam wadah. Jika tekstur kapur sirih masih kasar, kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu. Lalu, tambahkan setengah sendok teh kunyit bubuk.

Tips mengatasi bisul pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@rokamherbal

Campur kedua bahan dan tambahkan dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Kamu bisa langsung mengoleskannya pada bagian kulit yang terkena bisul secara merata. Diamkan hingga kering atau sekitar 30 menit. Terakhir, kamu bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan air biasa. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu sampai bisul benar-benar sembuh.

Tips mengatasi bisul yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @rokamherbal ini pun viral dan mengundang berbagai respon dari warganet. Bahkan sampai saat ini videonya sudah ditonton sebanyak 120 ribu kali dan menuai lebih dari 20 komentar.

"kapur sirih itu dr zaman dulu bisa mnyembuhkan berbagai penyakit benjolan baik yg timbul (bisul) maupun yg tdk timbul cuma teraba benjolan," kata pemilik akun @timoriajes7.

"terimakasih," komentar akun @herbalnusantara087.


@rokamherbal Membalas @shamisari Herbal Bisul Biar sembuh dan tidak kambuh lagi.#obattradisional #herbal #mencegahlebihbaik #PercayaSemuaBisaDiAtur #NonStopAntiNgedrop Chill Vibes - Tollan Kim

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES