Cuma pakai 1 jenis daun, begini cara memudarkan flek hitam pada wajah secara alami

Cuma pakai 1 jenis daun, begini cara memudarkan flek hitam pada wajah secara alami

Brilio.net - Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami para wanita. Umumnya, flek akan muncul jika kulit terlalu sering terpapar matahari. Hal ini karena sinar matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit. Dari seluruh bagian tubuh, wajah adalah bagian yang paling rawan mengalami flek hitam. Pasalnya, wajah hampir terpapar matahari sepanjang waktu.

Bagi kamu yang sehari-hari melakukan aktivitas di luar rumah, wajib menggunakan sunscreen secara rutin. Sunscreen berperan penting guna melindungi kulit dan mencegah kerusakan kulit, termasuk flek hitam akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Yuk cek rekomendasi sunscreen terbaik yang cocok digunakan sehari-hari di bawah ini.

Meski tidak menyakitkan atau berbahaya, flek hitam di wajah tetap saja dapat mengganggu penampilan dan meruntuhkan rasa percaya diri. Apalagi bagi yang tidak suka pakai makeup tebal, flek hitamnya pasti masih terlihat jelas. Untuk bisa tampil lebih percaya diri tanpa makeup tebal, kamu harus melakukan perawatan untuk memudarkan flek hitam.

Ada banyak cara memudarkan flek hitam, baik dengan bantuan medis maupun secara alami. Memudarkan flek hitam secara alami pun sangat mudah. Bahan-bahannya dapat ditemukan di sekitar kamu lho. Cara memudarkan flek hitam dengan bahan alami bisa membantu menyamarkan hingga menghilangkannya secara permanen. Tak hanya bisa diterapkan di wajah, melainkan bisa diterapkan pada leher, lengan, dan dada.

Cara memudarkan flek hitam pada wajah pakai 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@isunsunfeisundusi

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @isunsunfeisundusi pada (1/1) lalu. Dalam video unggahan yang berdurasi 51 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara memudarkan flek hitam pada wajah pakai 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun pepaya muda.

"Cara menghilangkan flek di wajah yang membandel," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @isunsunfeisundusi, Kamis (23/2).

Daun pepaya mengandung banyak nutrisi baik untuk kulit. Tidak hanya menjadi sumber makanan yang sehat untuk wajah, namun juga memberikan efek kilau alami yang sehat. Dari kandungan alami daun pepaya, dapat mempertahankan tekstur dan kilau kulit wajah. Selain itu, daun ini juga bisa mengurangi permasalahan tanda-tanda penuaan, seperti keriput, jerawat, pigmentasi serta flek hitam.

Cara memudarkan flek hitam pada wajah pakai 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@isunsunfeisundusi

Khasiat daun pepaya untuk mengatasi flek hitam di wajah yaitu berkat kandungan senyawa karpain didalamnya. Selain itu, karpain juga dapat menghilangkan noda hitam lainnya di area wajah, salah satunya bekas jerawat. Bahkan, daun pepaya juga memiliki kandungan vitamin C dan A yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Daun pepaya memiliki senyawa antioksidan dalam menangkal radikal bebas pada kulit. Kehadiran senyawa karpain juga mencegah pertumbuhan mikroorganisme berlebih, yakni salah satu pemicu jerawat.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES