Cuma butuh 2 bahan dapur, ini trik atasi mata lelah agar bebas dari lingkaran hitam

Cuma butuh 2 bahan dapur, ini trik atasi mata lelah agar bebas dari lingkaran hitam

Brilio.net - Setiap orang pasti pernah mengalami mata lelah, keluhan ini kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Umumnya, mata lelah bukan merupakan masalah serius dan bisa hilang dengan sendirinya setelah kamu mendapatkan istirahat cukup. Mata lelah dimaknai sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa mendapatkan istirahat.

Penyebab kondisi ini bisa karena terlalu lama menatap layar gawai, kurang tidur, menyetir dalam waktu lama, terlalu lama membaca, atau terjaga di ruangan yang terlalu redup atau terang. Selain dapat mengganggu kesehatan, mata lelah ternyata juga menjadi salah satu pemicu munculnya mata panda atau lingkaran hitam pada mata.

Lingkaran hitam di bawah mata ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup mengganggu. Pasalnya kehadiran mata panda seringkali membuat seseorang merasa tidak segar dan terlihat sangat lelah. Untungnya, mata lelah sangat mudah di atasi. Kamu bisa menggunakan produk skincare yang diformulasikan untuk mengatasi mata panda atau mencoba berbagai cara mengatasi mata lelah secara alami.

Salah satunya seperti yang dibagikan salah satu pengguna TikTok @minimallymay_ pada (2/3). Dalam video tersebut pemilik akun membagikan trik atasi mata lelah agar bebas dari lingkaran hitam pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah bubuk kopi dan madu.

"Recipe for homemade coffee eye mask! (Resep masker mata buatan sendiri dari kopi)," tulisnya sebagai keterangan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @minimallymay_, Jumat (10/3).

Selain menjadi bahan minuman, bubuk kopi memang memiliki berbagai manfaat. Salah satunya bisa menjadi bahan alami untuk perawatan tubuh. Dari sekian banyak manfaatnya, kopi jadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan mata lelah dan lingkaran hitam pada mata. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah biang lingkaran hitam membandel di bawah mata.

Trik atasi mata lelah pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

Trik atasi mata lelah pakai 2 bahan dapur
freepik.com

Hal ini bisa menyamarkan lingkaran gelap di area mata, karena penyempitan pembuluh darah adalah salah satu penyebab mata panda. Sementara madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata, kulit di area tersebut akan menjadi cerah lagi. Hal ini berkat kandungan polifenol yang menghambat aktivitas tirosinase. Ini dapat membantu mengurangi pigmentasi berlebihan dan memudarkan lingkaran hitam.

Dari kedua bahan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya sebagai eye mask untuk menenangkan mata lelah dan mengatasi lingkaran hitam pada mata. Berikut cara membuatnya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES