Cerah tanpa produk pemutih, begini trik atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah

Cerah tanpa produk pemutih, begini trik atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah

Brilio.net - Paparan sinar matahari berlebih dapat membuat kulit tampak kusam dan gelap. Kulit kusam adalah kondisi kulit yang tampak lebih gelap, tak bercahaya, dan wajah jadi terlihat lebih tua. Begitupun dengan kulit gelap dan belang yang membuat warna kulit jadi tidak merata.

Ada banyak penyebab kulit kusam, seperti sel kulit mati yang menumpuk, paparan sinar matahari berlebih, stres yang tidak tertangani, pola hidup dan pola makan tidak tepat, paparan polusi udara, dan kondisi medis yang terjadi pada kulit.

Hal ini karena produksi melanin berlebih pada kulit. Masalah ini juga kerap kali disebut dengan hiperpigmentasi. Selain bikin kulit jadi tampak kusam dan kurang terawat, kondisi ini juga bikin seseorang jadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mencari berbagai cara untuk memutihkan kulit kusam dan gelap.

Terkadang sampai ada yang mengonsumsi dan menggunakan produk pemutih, padahal terdapat bahan-bahan alami yang bisa membantu memutihkan kulit lho. Seperti unggahan dari akun TikTok @nooraini_noni pada 22 Juli 2021, yang membagikan tentang trik atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah. Kulit buah yang dimaksud adalah kulit manggis.

"Masker 1 bahan putihkan muka dan badan," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nooraini_noni, Sabtu (28/10).

(brl/ola)

tags

STORIES