Cerah tanpa kunyit, ini trik bikin kulit kusam gelap jadi glowing bak kaca pakai 1 jenis buah

Cerah tanpa kunyit, ini trik bikin kulit kusam gelap jadi glowing bak kaca pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Seiring beranjak ke fase dewasa, umumnya orang-orang juga cenderung lebih sering terlibat pada aktivitas padat yang harus dikerjakan di luar ruangan. Hal ini membuat banyak orang kemudian menjadi lebih sering terpapar pada teriknya sinar matahari dan juga polusi di sekitar mereka. Akibatnya, kulit pun perlahan kehilangan kilau alaminya dan terkesan kotor.

Kondisi yang dinamakan kulit kusam ini merupakan hasil dari proses hiperpigmentasi kulit yang ditandai oleh proses penumpukan melanin di area kulit tertentu. Melanin sendiri merupakan pigmen yang bertanggung jawab dalam memberi warna pada kulit. Apabila diproduksi secara berlebihan, hal ini dapat berujung pada penggelapan kulit secara keseluruhan, sehingga terlihat tidak cerah.

Mengapa paparan sinar matahari dan polusi dapat membuat kulit kusam? Sejatinya, sinar matahari memiliki gelombang ultraviolet, salah satunya tipe UVB, yang dapat membakar kulit dan meningkatkan produksi melanin dengan cepat. Sementara itu, kotoran yang menempel akibat polusi dan debu juga dapat merusak regenerasi sel-sel kulit. Alhasil, kecerahan alami kulit pun menghilang dan berbalik menjadi kusam yang tidak enak untuk dipandang.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES