Cegah kasar dan belang, begini cara membuat scrub eksfoliasi kulit tangan pakai 1 jenis bahan pemanis

Cegah kasar dan belang, begini cara membuat scrub eksfoliasi kulit tangan pakai 1 jenis bahan pemanis

Brilio.net - Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami masalah. Seperti kering, kasar, dan belang. Kulit tangan kering bisa terjadi pada siapa saja, baik itu laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini dapat mengganggu penampilan karena teksturnya yang kasar.

Kulit kering pada tangan bisa dipicu berbagai hal, mulai dari cuaca, terlalu sering mencuci tangan, menggunakan sabun berbahan keras, penyakit tertentu seperti dermatitis atopik, hingga paparan bahan kimia di lokasi kerja. Meskipun terlihat sepele, kulit tangan yang kering harus segera diatasi. Bila dibiarkan begitu saja, kulit kering bisa-bisa semakin parah dan membuat kulit menjadi mengelupas, bahkan iritasi.

Selain kasar, kulit area tangan juga rentan mengalami belang atau warna kulit yang tidak merata. Biasanya hal ini terjadi pada bagian kulit yang lebih sering terpapar sinar matahari. Belang pada kulit tangan biasanya membekas pada area pergelangan yang menyebabkan punggung tangan lebih gelap daripada bagian lainnya.

Kulit tangan yang kasar dan belang umumnya bukanlah masalah serius atau mengindikasikan masalah kesehatan. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai perawatan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @healthroutineofficial pada 17 Februari 2022. Unggahan tersebut berisi tentang cara membuat scrub eksfoliasi kulit tangan pakai 1 jenis bahan pemanis. Bahan pemanis yang digunakan adalah gula pasir. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan perasan lemon.

"DIY Handpeeling (DIY Pengelupasan Tangan)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @healthroutineofficial, Kamis (27/7).

Scrub eksfoliasi kulit tangan pakai 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya memberi rasa manis, gula pasir juga dikenal memiliki manfaat dalam perawatan kulit. Gula merupakan bahan alami yang mengandung asam glikolat dan asam alfa hidroksi. Kedua kandungan ini baik untuk mendorong pergantian sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit tampak lebih segar dan lebih muda. Asam glikolat juga biasanya digunakan untuk merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari dan penuaan.

(brl/jad)

tags

STORIES