Cara perbaiki skin barrier pakai masker antiinflamasi dari 2 bahan dapur, wajah automulus

Cara perbaiki skin barrier pakai masker antiinflamasi dari 2 bahan dapur, wajah automulus

Brilio.net - Skin barrier atau lapisan penghalang kulit merupakan lapisan terluar kulit yang langsung bersentuhan dengan lingkungan. Skin barrierlah yang merupakan lapisan yang melindungi kulit dari serangan agresor lingkungan, seperti kuman, polusi, bahan kimia berbahaya, serta zat-zat yang membuat alergi dan iritasi.

Selain itu, skin barrier juga menghalangi cairan yang ada di dalam tubuh keluar dan menguap lewat pori-pori. Kalau ingin tubuhmu terlindungi dan berfungsi dengan baik, maka yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi skin barrier agar tidak rusak.

Paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan kulit, hingga kebiasaan tertentu dapat menyebabkan kerusakan skin barrier. Ketika skin barrier rusak, kulit akan rentan teriritasi, kering, muncul jerawat, dan tampak lebih tua. Selain itu, faktor lain seperti eksfoliasi terlalu sering, jarang menggunakan pelembap, terpapar polusi dan sinar matahari secara langsung, hingga kurang tidur juga merupakan penyebab skin barrier bisa rusak.

Oleh karena itu, memberikan perawatan dan pengobatan terhadap skin barrier yang mengalami kerusakan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu cara mengembalikan kesehatan skin barrier adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @kravebeauty pada 15 Maret 2022 lalu.

Dalam videonya itu, pemilik akun memberikan cara perbaiki skin barrier pakai masker antiinflamasi dari 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah bubuk matcha dan madu.

"DIY matcha face mask," katanya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kravebeauty, Selasa (2/5).

Cara perbaiki skin barrier pakai masker antiinflamasi dari 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Matcha banyak diolah sebagai minuman teh ataupun makanan, seperti dessert. Namun, siapa sangka kalau matcha sangat memberikan manfaat bagi kecantikan kulit. Matcha berasal dari tanaman camellia sinensis yang juga merupakan bahan teh hijau. Matcha memang dikenal sarat kandungan klorofil yang menyimpan banyak manfaat baik bagi kulit. Bahkan, sudah banyak brand kecantikan yang menggunakan bahan dasar matcha untuk produk skincare mereka, salah satunya masker wajah.

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam matcha akan melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit. Hingga mampu memerangi tanda-tanda penuaan sekaligus menyamarkan kulit kusam. Manfaat ini juga didukung oleh kandungan vitamin B2 yang bia membantu mengencangkan kulit dan mempertahankan kadar kolagen.

Sifat antiinflamasi dan kandungan polifenol yang tinggi membantu untuk mengurangi iritasi kulit, kemerahan, dan pembengkakan. Bahkan, matcha juga akan menenangkan luka kecil dan luka bakar akibat paparan sinar matahari.

Sementara madu, diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa menghindari rusaknya kulit yang diakibatkan dari paparan radikal bebas. Sehingga, hal tersebut yang menjadi salah satu alasan madu bagus dipakai menjadi masker wajah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES