Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki, cuma pakai 2 bahan dapur

Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki, cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Kaki pecah-pecah merupakan suatu kondisi pada bagian tumit yang ditandai dengan kulit bersisik dan kering. Beberapa orang ada yang tidak menganggap masalah tersebut sebagai kondisi serius. Pada dasarnya, kulit telapak kaki memang lebih kering dibandingkan bagian kulit tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat.

Kulit telapak kaki yang kering rentan menjadi penyebab kaki pecah-pecah. Penyebab kaki pecah-pecah bisa berawal dari kulit kaki yang kering, menumpuknya sel-sel kulit mati, dan kulit pada tumit yang jadi menebal serta mengeras. Saat berjalan, bantalan lemak di tumit akan menyebar dan menipis. Karena tekanan saat berjalan, kulit tumit mungkin saja mengeras dan akhirnya mengalami pecah-pecah dan menjadi kasar.

Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@wulan0032

Tak hanya tumit yang pecah-pecah dan kasar, masalah umum yang kerap dialami oleh kebanyakan orang adalah bau kaki. Bau kaki memang bukan hal yang mengancam nyawa. Tetapi, bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri dan malu ketika harus membuka alas kaki.

Bau kaki memiliki nama medis bromodosis. Umumnya kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan keringat yang akhirnya menghasilkan pertumbuhan bakteri pada kulit. Bakteri tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya bau tak sedap dari kedua kaki. Selain keringat berlebih, bau kaki juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur, seperti kaki atlet.

Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@wulan0032

Kabar baiknya adalah tumit kasar dan bau kaki bisa diatasi, bahkan dengan cara yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna akun TikTok @wulan0032 pada (10/11/2020). Melalui video yang berdurasi 48 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara untuk menghilangkan tumit kasar dan bau kaki dengan 2 bahan dapur. Kedua bahan tersebut adalah garam dan jeruk nipis atau lemon.

Garam merupakan salah satu bahan dapur yang bisa kamu manfaatkan untuk Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Applied Science Research menunjukkan manfaat merendam kaki di campuran air garam untuk menghilangkan bau kaki. Sementara lemon kaya akan kaya akan vitamin C yang bisa melembapkan dan menghaluskan kulit. Buah yang satu ini juga mampu menyingkirkan sel kulit mati. Sehingga mampu membuat kulit area tumit jadi lebih lembut dan halus.

Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@wulan0032

"Cara mengatasi tumit pecah dan bau kaki," tulisnya sebagai keterangan video, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @wulan0032, Kamis (12/1).

Pertama-tama, siapkan ember sedang dan air panas. Kemudian masukkan 2 genggam garam kasar pada ember yang telah kamu siapkan. Setelah itu, siram garam menggunakan air panas secukupnya. Lalu masukkan irisan jeruk nipis atau lemon ke dalam ember tersebut. Aduk kedua bahan tersebut sampai garam larut. Jangan lupa untuk menekan-nekan irisan jeruk nipis atau lemon agar air atau sari buahnya keluar.

Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@wulan0032

Lebih lanjut, kamu bisa menambahkan 3 gayung air dingin ke dalam ember agar tidak terlalu panas. Lalu, rendam kedua kakimu selama 20-30 menit ke dalam larutan garam dan jeruk nipis atau lemon yang telah kamu buat. Setelah itu, gosok-gosok irisan jeruk nipis atau lemon pada tumit kakimu yang kasar dan pecah-pecah dengan gerakan memutar. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Cara menghilangkan tumit kasar dan bau kaki yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @wulan0032 ini pun mengundang beragam reaksi dari warganet. Sampai saat ini, video tersebut sudah ditonton sebanyak 738,5 ribu kali dan menuai lebih dari 100 komentar beragam.

"wow mantap bisa di coba, jeruk ya apa aja kan ka," komentar pemilik akun @kotabang.

"resep ini bisa untuk jempol kaki yg pecah2 parah nggk ya bund?," tanya akun @lilissy23.

"memang mujarap itu bund ,, klo aku jeruk nipis," kata pemilik akun @nafishaarrasyid2.

"Aku biasa nya jg gini, buat kaki yg pegel2 langsung releks..," ungkap akun @ferizsashop.


@wulan0032

Cara mengatasi tumit pecah dan bau kaki

Kopi Dangdut (Cover) - aisekk

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES