Cara mengatasi ketiak gelap pakai kentang, bantu cerahkan kulit tanpa iritasi

Cara mengatasi ketiak gelap pakai kentang, bantu cerahkan kulit tanpa iritasi

Brilio.net - Memiliki ketiak hitam memang bikin kurang percaya diri. Ketiak hitam tidak hanya terlihat buruk, ini juga bisa meninggalkan kesan bahwa kamu kurang merawat diri. Dilansir dari Healthline, kulit ketiak tak berbeda dengan bagian tubuh lain yang memang bisa berubah menjadi gelap.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ketiak kamu berubah menjadi gelap, seperti penggunaan deodoran, iritasi bekas cukuran, penumpukan sel kulit mati, gesekan karena pakaian yang terlalu ketat, gangguan kulit lain hingga penyakit addison yang meningkatkan hiperpigmentasi.

Meski demikian, ketiak hitam sebenarnya bisa dibersihkan atau dikembalikan warnanya seperti semula. Ada banyak bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna ketiak agar kembali cerah. Salah satu cara untuk mengatasi ketiak hitam adalah dengan menggunakan kentang.

Selain sebagai makanan mengandung karbohidrat, khasiat kentang untuk kulit memang tampak menjanjikan. Kandungan vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, manganese, phosphorus, dan folat pada kentang terbukti ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit. Mulai dari jerawat hingga mencerahkan warna kulit.

Cara mengatasi ketiak gelap pakai kentang freepik.com

foto: freepik.com

Melansir Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, kandungan enzim katekolase dalam kentang dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi pada kulit, termasuk area ketiak. Selain itu, kentang juga punya kandungan bleaching alami yang memudahkan kamu untuk menjadikan kulit ketiak nggak lagi menghitam. Caranya mudah saja, kok. Ada dua alternatif yang bisa kamu pilih.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak cara mengatasi ketiak gelap pakai kentang berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/1).

Cara pertama, kamu hanya butuh menyiapkan 1 butir kentang yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian, kamu bisa mengirisnya menjadi beberapa bagian. Kemudian gosokkan irisan kentang ke area ketiak yang sudah bersih secara perlahan. Gosok dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelah itu, diamkan selama 10-20 menit. Lalu, kamu bisa langsung membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Cara mengatasi ketiak gelap pakai kentang freepik.com

foto: freepik.com

Cara kedua yaitu dengan memarut 1 butir kentang. Kemudian peras dan ambil airnya. Setelah mendapatkan air dari sari kentang, kamu bisa langsung mengoleskan ke area ketiak yang bersih. Diamkan 20-25 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini 2-3 hari sekali hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Memang butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil optimal. Apalagi kondisi kulit dan jenis kulit setiap orang berbeda-beda, jadi hasilnya memang tak bisa instan. Jika mengalami iritasi atau indikasi alergi pada kulit, segera hentikan penggunaannya, ya.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES