Cara membuat hydrating serum ini cuma pakai 2 bahan dapur, bantu lembapkan wajah kering dan mengelupas

Cara membuat hydrating serum ini cuma pakai 2 bahan dapur, bantu lembapkan wajah kering dan mengelupas

Brilio.net - Kulit kering adalah salah satu permasalahan wajah yang dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penuaan, iritasi, hingga penyakit tertentu. Kulit kering bisa terjadi di wajah, lengan, tangan, dan kaki, atau bisa juga di seluruh tubuh. Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

Siapa pun bisa terkena kondisi kulit satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit. Dilansir dari Medical News Today, secara alami kulit menghasilkan minyak atau yang biasa disebut sebum.

Sebum memiliki manfaat untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi. Kulit yang produksi sebumnya kurang akan mengalami kulit kering dan wajah terlihat kusam. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang biasanya akan menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Hal yang juga tak kalah penting adalah penggunaan serum untuk kulit kering.

Salah satu jenis serum yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering adalah hydrating serum. Produk ini bermanfaat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan kelembapan kulit. Sehingga, hydrating serum cocok digunakan bagi orang yang memiliki jenis kulit kering. Tak perlu membeli hydrating serum yang dijual di pasaran, pasalnya kamu bisa lho membuat hydrating serum sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @shela_kodok. Dalam video unggahan berdurasi 1 menit 25 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat hydrating serum cuma pakai dua bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah air beras dan aloe vera gel.

"DIY Serum Wajah Dengan 2 Bahan," tulis pemilik akun sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @shela_kodok, Rabu (8/3).

Cara membuat hydrating serum pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Air beras adalah cairan sisa rebusan atau rendaman beras. Air beras mengandung beragam nutrisi yang bagus untuk kulit. Sebut saja, antioksidan, vitamin B, vitamin E, asam amino, dan mineral lainnya. Dari kandungan nutrisi inilah potensi manfaat air beras untuk wajah didapatkan. Salah satu manfaat air beras untuk wajah adalah mengatasi kulit kering dan iritasi. Selain itu, kandungan gamma-oryzanol pada air beras juga dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES