Cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir, bantu lembapkan dan cegah pecah-pecah

Cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir, bantu lembapkan dan cegah pecah-pecah

Brilio.net - Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu sangat mengganggu, terutama bagi para wanita. Saat bibir mulai terasa tidak sehat, kamu mungkin akan mengaplikasikan lip balm. Namun, efek lip balm tidak akan bertahan lama.

Hal ini tentu akan merusak penampilan, padahal kondisi bibir merupakan titik penting dari seorang wanita. Oleh karena itu kamu harus menjaga bibirmu tetap sehat dan lembap. Salah satu caranya adalah dengan melakukan eksfoliasi bibir.

Eksfoliasi bibir bisa kamu lakukan menggunakan scrub. Scrubbing atau eksfoliasi adalah proses pengangkatan kulit tubuh, termasuk permukaan bibir. Pada dasarnya, manfaat scrub bibir adalah mengelupas lapisan permukaan kulit bibir paling luar. Sel-sel kulit mati pada bibir yang terangkat dapat digantikan dengan yang baru sehingga permukaan bibir tampak lembut, halus, dan kenyal.

Di samping itu, scrub bibir juga dianggap mampu membuat lipstik, lip gloss, dan lip balm yang kamu gunakan menjadi lebih tahan lama. Sebab, lapisan sel baru yang lebih sehat mampu menyerap kandungan dalam produk-produk tersebut dengan baik.

Walaupun ada berbagai produk scrub bibir yang dijual di pasaran, kamu dapat membuatnya sendiri menggunakan berbagai bahan alami. Bisa juga dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk memberikan manfaat scrub bibir yang maksimal.

Ternyata ada cara mudah untuk melembutkan bibir, lho. Jadi kamu tak perlu keluar banyak uang lagi. Dilansir dari everydayroots.com, kamu bisa menggunakan gula pasir sebagai bahan utamanya. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Yuk, simak cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari berbagai sumber, Rabu (11/1).

1. Persiapkan alat dan bahan.

Cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir freepik.com

foto: freepik.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan dan alat pendukung lainnya. Siapkan 3 sendok makan gula, 2 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak zaitun atau kelapa, dan ekstrak vanila. Jika kamu tidak memiliki minyak zaitun, kamu bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Selain itu, siapkan juga mangkuk, sendok, dan wadah penyimpan. Kamu juga bisa mempersiapkan handuk untuk mengeringkan bibir usai memakai scrub.

2. Campurkan bahan-bahan.

Cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir freepik.com

foto: freepik.com

Langkah selanjutnya, kamu bisa mencampurkan gula pasir dan madu ke dalam mangkuk. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur rata. Saat gula dan madu sudah tercampur rata, tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa. Sebagai tambahan agar scrub bibir punya aroma harum, kamu bisa mencampur adonan scrub dengan ekstrak vanila. Setelah semua bahan tercampur rata, perhatikan tekstur scrub. Kalau teksturnya halus, tambahkan gula agar saat digunakan ada efek kasar yang dapat mengangkat sel kulit mati.

3. Aplikasikan scrub pada bibir.

Cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir freepik.com

foto: freepik.com

Setelah scrub yang kamu buat sudah siap, kini saatnya kamu mengaplikasikannya pada bibirmu. Gosokkan scrub gula pasir ke kulit bibir. Gosokkan dengan gerakan yang lembut hingga cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah itu, diamkan selama satu menit agar madu meresap dan bibirmu jadi lebih lembap. Jangan lupa, setelah melakukan scrub bibir, bersihkan dengan handuk dan air hangat agar bibir tetap lembut. Kemudian gunakan lip balm untuk mencegah iritasi akibat eksfoliasi.

4. Gunakan scrub bibir di malam hari.

Cara eksfoliasi bibir pakai gula pasir freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, simpan scrub gula yang sudah jadi dalam wadah dengan penutup. Gunakan secukupnya sehari sekali saat malam. Dengan begitu, kamu bisa membuat bibir tampak kemerahan lebih cepat. Tak hanya itu, bibirmu juga akan terasa lebih lembap dan bebas pecah-pecah. Perlu diperhatikan, untuk tak menggunakan scrub ini secara berlebihan, ya. Cukup gunakan scrub ini sekali seminggu saja.

Gula pasir memang kerap digunakan sebagai scrub badan karena bentuk kristalnya mampu melakukan eksfoliasi sel kulit mati dengan baik. Sementara itu, manfaat madu untuk kulit berasal dari protein, enzim, vitamin, serta zat antibakteri dan antijamur di dalamnya. Berbagai bahan ini membantu mempercepat proses pembelahan sel-sel kulit bibir yang baru.

Madu juga mengandung banyak vitamin B6, niacin untuk kulit, riboflavin, asam pantotenat, dan asam amino. Bahan-bahan tersebut bersifat sebagai antioksidan yang melindungi kulit bibir dari kerusakan serta mempercepat pemulihan luka.

Tidak hanya itu, madu pun memiliki fungsi sebagai humektan alami. Humektan adalah beragam zat yang mampu melembapkan kulit. Saat dioleskan pada kulit, bahan alami ini akan meresap dan bertahan sehingga melembapkan kulit bibir lebih lama.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES