Bukan perawatan mahal, ini cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran

Bukan perawatan mahal, ini cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran

Pare kerap diolah menjadi bebagai macam aneka makanan. Meski terkenal memiliki rasa yang cukup pahit, rupanya tanaman ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Salah satu manfaat sayur pare untuk kecantikan yaitu dapat membantu mencegah penuaan dini.

Buah pare mengandung vitamin C yang dapat melawan dan membuang radikal berbahaya yang berpotensi membahayakan tubuh. Antioksidan kuat ini mencegah kulit menjadi keriput dan memperlambat proses penuaan. Pare juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Menyamarkan flek hitam akibat dari tanda penuaan juga bagian dari manfaat sayur pare untuk kecantikan.

Mengonsumsi pare secara rutin baik sebagai sayuran maupun jus, bisa membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari masalah kulit. Selain itu, mengoleskan masker pare ke wajah masker diklaim bisa membersihkan wajah dan menyamarkan noda hitam.

Sedangkan manfaat aloe vera gel untuk wajah yakni dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Lidah buaya merangsang aktivitas fibroblast yang meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin yang memperlambat munculnya keriput di kulit dan menjadikannya lebih elastis.

Sementara itu, kandungan seng dalam lidah buaya bertindak sebagai astringent untuk mengencangkan pori-pori dan antioksidan. Lalu, vitamin C dan E membantu mencegah pembentukan radikal bebas.

Manfaat lidah buaya untuk wajah juga bisa membantu mencegah munculnya flek hitam atau bintik hitam di kulit. Sebab, gel dalam lidah buaya mencegah tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit. Kandungan gel dalam lidah buaya menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV akibat sengatan sinar matahari. Mekanisme ini juga dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam di kulit.

Tak terkecuali dengan madu yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi flek hitam di wajahmu. Madu memiliki senyawa yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit, salah satunya adalah flek hitam.

Madu juga efektif menyembuhkan luka dan merupakan eksfoliator alami. Dengan mengoleskan madu ke wajah, kamu bisa menghilangkan kulit kering dan kusam sekaligus merangsang sel-sel kulit baru di bawahnya.

Cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran Berbagai sumber

foto: TikTok/@dorahermin

Nah, dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah untuk membantu menghilangkan flek hitam karena efek penuaan. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. Pare secukupnya.
2. 1 sendok makan aloe vera gel.
3. 1 sendok makan madu.

Cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran Berbagai sumber

foto: TikTok/@dorahermin

Cara membuat:

1. Potong pare lalu bersihkan dari biji yang di dalamnya.
2. Cuci pare sampai bersih.
3. Parut pare hingga menjadi halus.
4. Tambahkan aloe vera gel dan madu lalu aduk ketiganya sampai tercampur merata.
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
6. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer dan sunscreen andalanmu.
8. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@dorahermin #fkekhitam#KredivoSefleksibelItu#resepalami #dorahermin #ytube suara asli - baim - Tik Toker

(brl/lea)

tags

STORIES